Talam Ubi

Assalamu'alaikum emak-emak semuanya. Semoga sehat selalu ya.... 
Balik lagi nih ke acara perbakingan. Melanjutkan resep yang pertama Apem Nasi Menul yang bisa dilihat disini

Kue ini pesanan mamanya Queen buat besan ke acara pernikahan saudaranya. Yang pertama kue apem nasi menul, yang kedua Talam Ubi yang akan saya bagikan resepnya saat ini. 

Ubi yang dibutuhkan 300 gr. Tadi saya pakai satu ukuran besar dan satu kurang kecil 300 gr lebih sedikit belinya di tukang sayur 3000 rupiah. 

Langsung aja yuk kita lihat resepnya

Resep Talam Ubi
By. Siti Aisah

Bahan-bahan:
bahan lapisan atas:
300 gr Ubi bisa Ubi putih, kuning, ungu
500 ml santan
300 gr gula pasir
100 gr tepung beras
100 gr tepung tapioka
1 sdt garam

Bahan lapisan bawah:
75 gr tepung beras
35 gr tepung maizena
400 ml santan
1 sdt garam

Cara membuat:
1. Rebus/kukus Ubi lalu dihaluskan/diblender saya Ubi nya Ubi putih diblender bersama santan
2. Dalam wadah masukkan tepung beras, tepung tapioka sambil diayak, tambahkan gula pasir, dan garam. Lalu masukkan adonan Ubi yang sudah diblender aduk rata sampai tidak ada yg bergerindil. 
3. Saya membagi adonan menjadi dua yang satu berwarna pink dan satunya berwarna hijau. 
4. Siapkan panci kukusan jangan lupa tutupnya dibungkus dengan serbet. Panaskan di api sedang. 
5. Siapkan cetakan olesi dengan minyak. 
6. Tuang adonan ke dalam cup cetakan sebanyak 3/4 penuh karena nanti sisanya akan diisi dengan adonan putih. 
7. Kukus kurang lebih sepuluh menit atau sampai adonan set/padat.
    Lupa difoto. Ini adonan talam ronde kedua saya gabung dengan apem

8. Sementara adonan berwarna dikukus kita siapkan adonan lapisan putihnya. Campur semua bahan aduk rata. Tadi saya garamnya kurang cuma sejumput aja jadi kurang berasa gurih. 
9. Setelah adonan pertama padat, siramkan adonan putih di atasnya sampai penuh. Kukus lagi kira-kira 20 menit atau sampai matang. 
10. Setelah matang dingin kan dan keluarkan dari cetakan. 
11. Biarkan uap panasnya hilang baru kita kemas ke dalam mika. 
Nah selesai deh resep Talam Ubinya. Next saya mau coba yang tidak pakai Ubi. 

Oke deh terima kasih banyak ya atas kunjungannya ke blog saya. Semoga kita semua selalu dalam perlindungan Allah dan dapat melalui hari-hari di saat pandemi covid 19 ini dengan tetap tegar dan tawakal. 

Sampai jumpa lagi. Jangan lupa 3 M, menjaga jarak, memakai masker dan mencuci tangan dengan sabun. 

Wassalamu'alaikum warohmatulohi wabarakatuh





Comments