Cara Membuat Hiasan Dinding Dari Sedotan

Hiasan dinding dari sedotan

Assalamu'alaikum. Apa kabar semuanya? Semoga kita semua selalu dalam perlindungan Allah selalu diberikan kesehatan dan keberkahan. 

Kebetulan nih  si dede Nabila lagi bobo, daripada bengong gak ada kerjaan akhirnya iseng-iseng bikin hiasan dinding dari sedotan, sebenernya sih saya bukan pakar dalam membuat kerajinan tapi namanya juga usaha yang penting jadi. Bermodal pengalaman dulu waktu tinggal di Kebon pala Cililitan pernah ngeliatin tetangga bikin bunga dari sedotan jadi coba deh buat buat sendiri, dia aja bisa masa sih kita ngga bisa. Alat-alat yang digunakan cukup sederhana siapkan sedotan warna-warni secukupnya, gunting, jarum pentul dan lilin serta korek api.

Oke kita mulai saja membuat membuat hiasan dinding dari sedotan dengan bunganya dulu, sedotan dipotong kira-kira  sekitar 5 cm gitu lah, setelah itu ujungnya digunting agak lancip lalu dibelah, ini untuk kelopak bunganya, untuk membuat sedotan melebar menyerupai kelopak caranya adalah dengan menyerut sedotan menggunakan gunting bagian belakang (bagian yang tumpul) seperti gambar di bawah, dilakukan beberapa kali sampai sedotan melebar menyerupai kelopak bunga. 


Langkah selanjutnya siapkan sedotan yang agak panjang untuk batangnya. Nah untuk menempelkan kelopak bunga dengan batang gunakan jarum pentul yang dipanaskan datas lilin tapi jangan terlalu dekat dengan api agar tidak menjadi hitam. Kelopak bunga ditusukkan ke batang satu persatu menggunakan jarum yang sudah panas sampai menjadi bunga.


Untuk putiknya dan juga digunakan untuk hiasan bagian bawahnya nanti kita menggunakan teknik melipat sedotan, sedotan dilipat dibagian tengah berbentuk segitiga  bentuknya seperti huruf V, nah sedotannya kita lipat ke arah dalam yang kanan dan kiri untuk membentuk segitiga lalu tekuk kebelakang sehingga membentuk segitiga, lalu lipat lagi yang kanan dan kiri tekuk kembali sampai membentuk segitiga lakukan sampai selesai, dibagian ujung sedotan yang paling akhir kita masukkan satu persatu ujung segitiganya kebagian segitiga yang di depannya, masukkan segitiga berikutnya sampai habis dan menyerupai putik.


Sekarang kita buat bingkainya, susun sedotan membentuk persegi (kotak) masing-masing sisi bagian luar sebanyak dua sedotan, kita sambungkan menggunakan jarum yang sudah dipanaskan.  Untuk kerangka bagian dalam kita tempelkan tiga buah sedotan secara vertikal dan tiga sedotan secara horisontal. Karena nantinya akan digantung jadi pastikan anda menusuknya agak kuat jadi jangan Cuma sekali agar lebih kokoh sambungannya.

Kalau bingkainya sudah selesai tinggal dirangkai bunganya , untuk yang ini sesuai selera masing-masing mau bagaimana merangkainya, bunga ditempel dengan menusukkan bagian batang dan kelopak ke bagian bingkainya.

Langkai akhir membuat rumbai dibagian bawah, gunting sedotan dari arah bawah keatas menyerupai spiral tapi hati-hati jangan sampai putus ditengah, jadi pastikan guntingan spiralnya sama besar, agar spiral mau memanjang ke bawah spiral yang sudah terbentuk kita belah dua lagi, dibelah tiga juga boleh kalau agak lebar. Bagian spiral ini ditempelkan ke bingkai di ujung sisi kiri dan kanan, untuk lebih cantik bagian bawah spiral ditempel sedotan berbentuk putik.


Selesai deh hiasan dinding dari sedotan kita, harap maklum ya kalau bahasanya sulit dimengerti, namanya juga ibu rumah tangga aku bukan pujangga jadi bingung merangkai kata yang baik dan benar. Oke selamat mencoba!

Comments