KSP Setia Bersama Cibubur Tutup, nasib tabunganku?

Assalamu'alaikum teman-teman semua. Alhamdulillah masih bisa bertemu lagi disini. Semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat walafiat. 

Jadi ceritanya tadi buka Facebook, saya melihat di grup yang saya ikuti ada beberapa komentar yang pasang iklan menawarkan pinjaman online atas nama Koperasi Simpan Pinjam Setia Bersama/KSP Setia Bersama/KSB. Tiba-tiba jadi keingat kalau saya masih punya urusan sama koperasi ini. Urusan yang sengaja saya mau lupakan soalnya antara ikhlas ga ikhlas, kalau saya lupa semoga lama-lama bisa ikhlas. 

Jadi waktu anak saya nabila berusia 6 bulan saya ikutan daftar tabungan pendidikan di KSP  Sejahtera Bersama cabang Cibubur. Saya ikutan yang perbulannya 200 ribu rupiah. Menurut informasi dari pihak koperasi tabungan bisa dicairkan ketika si anak yang didaftarkan akan masuk SD, masuk SMP, Masuk SMA dan masuk perguruan tinggi. 

Seharusnya bulan Juni 2020 kemarin tabungan pendidikan tersebut sudah bisa dicairkan yang buat daftar ke SD, tapi karena adanya pandemi covid 19 yang berdampak pada koperasi juga maka dana tersebut belum bisa dicairkan, pihak koperasi mengatakan dananya belum masuk dari kantor pusat KSP Setia Bersama di Bogor. Waktu itu saya ditawarkan ada uang kas kantor satu juta rupiah kalau mau diambil silakan nanti sisanya akan diinformasikan kembali kekurangannya. Daripada tidak sama sekali ya saya terima yang satu juta sambil menunggu sisanya tapi ternyata sampai koperasi nya sudah tutup tidak ada kabar berita. Saya cuma dikirimin berita kalau KSP Setia Bersama sedang dalam pkpu. 

Jujur saja saya sama sekali tidak mengerti bagaimana maksudnya apakah bangkrut atau hanya sementara saja. Tapi sejak bulan Juni 2020 saya sudah berhenti bayar angsuran karena saya masih galau mau lanjut atau ngga . Tapi katanya sih ngga apa-apa saya tidak bayar angsuran karena dana saya sudah masuk ke koin tabungan jadi nanti angsuran nya dipotong dari koin tersebut. 

Tabungan Pendidikan yang saya ajukan tersebut untuk jangka waktu 17 tahun. Makanya saya ada rasa bersyukur juga kejadiannya sekarang, pas baru masuk tahun ke 7 coba bayangin kalau kejadiannya setelah saya membayar angsuran selama 17 tahun tapi tidak bisa cair kan nyesek mak. 

Saya belum pernah dateng lagi ke  KSP Sejahtera Bersama  sampai saat ini. Sampai saya tahu kalau Koperasinya sudah tutup, kabar yang saya dengar pindah ke Depok. Saya pernah nanya ke marketingnya dan jawabannya hanya bilang KSP Sejahtera Bersama menunggu inkracht dari MA setelah proses PKPU. Mohon maaf

Saya gak ngerti deh maksudnya bagaimana. Saya serahkan saja semua kepada Allah atas takdir Nya kalau memang bukan rejeki ya mau diapain lagi. Lagipula di masa pandemi ini bukan cuma KSB yang terkena dampaknya. Banyak sektor usaha lain yang harus gulung tikar. Selalu ada hikmah dibalik musibah. Mungkin ini sentilan agar saya menjauhi riba. Atau mungkin jalan untuk membersihkan rejeki yang sudah kita peroleh karena kadang lupa membayar infak. Wallahu alam. 

Makanya waktu saya melihat banyak yang memasang iklan pinjaman online mengatasnamakan Koperasi Simpan Pinjam Setia Bersama. Saya ngeliatnya miris juga banyak oknum yang melakukan penipuan  semacam itu. Padahal logikanya kalau buat membayar uang tabungan anggotanya saja tidak mampu bagaimana mungkin mau ngasih pinjaman online. Semoga tidak ada yang terjebak iklan tersebut apalagi kalau menyuruh transfer duluan, logikanya kita yang mau pinjam masa kita yang disuruh transfer. Semoga kita semua terhindar dari pinjam meminjam ya. Saya do'akan semua rejekinya lancar. Sebisa mungkin kita menghindari rentenir. 

Saya cukupi saja nulisnya sampai disini, saya tidak bermaksud ghibah atau mencemarkan nama baik KSP Setia Bersama. Saya doakan KSP Setia Bersama dapat melewati masa sulit di saat pandemi covid 19 ini dengan  baik dan dapat segera bangkit menjadi koperasi yang amanah. Tidak lupa juga untuk semuanya saya himbau jangan sampai tergiur iklan pinjaman online yang mengatasnamakan KSP Setia Bersama. Dan pesan untuk saya sendiri mungkin ada baiknya besok-besok kalau mau nabung mending di kaleng biskuit aja hehehe

Sehat-sehat selalu ya teman-teman semuanya
Wassalamu'alaikum warohmatulohi wabarakatuh









Comments