Keseruan di PAUD Yuli Akram part 1

Assalamu'alaikum. Semoga semuanya selalu dalam keadaan sehat wal'afiat ya.... 

 Kali ini saya mau menceritakan kilas balik kesibukan saya tiga tahun terakhir nganter bocil ke sekolah. Nah kebetulan anak saya yang bungsu Nabila ini rada unik, dia anti banget sama orang asing. Jadi agak susah bersosialisasi sama teman sebayanya. Apalagi kalau ada tamu seakan-akan ngerasa mamanya mau diambil orang, pasti tamunya disuruh pulang sama dia. Dan itu gara-gara saya, karena dulu saya ini terlalu kalem, jarang keluar rumah, jarang kumpul sama tetangga juga, klo ngumpul sama tetangga dan mulai-mulai ghibah saya lebih milih kabur dan masuk ke dalam rumah, bukan karena saya sok suci ya tapi karena saya gak mudeng  yang lagi dighibahin itu siapa, maklum mak jarang keluar sampai-sampai gak kenal sama warga satu RT,  anak saya ketularan deh ga suka keluar rumah, dia merasa di rumah lebih aman hehehe

Awal mulai kenal sekolah waktu anak saya Nabil umur 3,5 tahun. Dia diajak sama kakak ipar saya buat nganter anaknya Ibar sekolah di PAUD Yuli Akram. Usianya setahun lebih tua dari Nabila. Dan ternyata Nabila betah  main di PAUD Yuli Akram meski cuma mainan doang ga tertarik masuk ke dalam kelas buat belajar. Waktu itu akhirnya saya putuskan buat daftarin Nabila masuk PAUD Yuli Akram sekalian sambil mengajarkan dia bersosialisasi sama teman baru. Ternyata eh ternyata capek juga mak bujuk rayu Nabil ke kelas soalnya dia cuma mau mainan doang. Main ayunan, main puter-puteran sudah satu jam baru mau masuk ke sekolah itu juga emaknya harus ikut masuk ke dalam nemenin dia belajar. Dia cuma mau ikutan nyanyi-nyanyi aja.

Berhubung masih kecil juga buat sekolah jadi saya ga maksain dia buat belajar yang penting mau kenal orang aja dulu. Di semester pertama lumayan rajin ke sekolah. Tapi ternyata di semester dua malah parah. Masuknya sebulan sekali soalnya setiap dibangunin ga mau sekolah, dia cuma mau masuk sekolah kalau ada temennya yang ulang tahun aja hehe.


Akhirnya gapapa yang setahun pertama tahun ajaran 2017-2018 saya ga masukin itungan. Saya ulang di tahun berikutnya tahun ajaran 2018-2019. Diawal-awal masuk masih minta di temenin, bu gurunya juga maklum soalnya Nabila klo udah ngambek bisa-bisa mogok ga masuk lagi sebulan makanya dibiarin aja sesukanya, mau ditemenin mamanya juga gak apa-apa, padahal temennya yang lain gak ada yg ditemenin emaknya, berasa jadi guru ada didalem kelas. Malah kalau dateng ke sekolah suka-suka hati keseringan telat. Sampai diledekin sama bu guru Rohani anak ketua Yayasan mah bebas mau dateng jam berapa juga wkwkwk

Dan waktu itu kebetulan saya ditunjuk sebagai bendahara oleh emak-emak wali murid buat ngumpulin uang kas sebesar sepuluh ribu perbulan. Saya ada ide untuk mengadakan lomba agustusan biar anak-anak semangat ke sekolah.


Lombanya makan kerupuk dan lomba bendera. Meski acaranya sederhana tapi anak-anak sudah sangat bahagia apalagi pas penerimaan hadiah. Hadiah murah meriah yang penting anak-anak seneng, saya beli hadiahnya di Shopee. Hadiah hiburan untuk semua siswa tempat makan dan botol minum. Untuk juara satu tas ransel, juara dua tas tenteng dan juara tiga tas kubus. Waktu itu nasi boxnya gratis karena kebetulan ada siswa yang ulang tahun yaitu Zulfan.

Saya selalu berusaha mencari cara gimana biar anak saya suka berada di sekolah, sampai saya beliin poster-poster pendidikan buat ditempel disekolah misal nama hewan, tumbuhan, buah-buahan, abjad huruf hijaiyah dll. Saya juga bikinin gantungan bunga-bunga buat disekolah soalnya dia bilang suka sekolah yang banyak hiasannya. Termasuk waktu perayaan Maulid. Saya nyumbang hiasan buat dekorasi. Tapi sayang saya ga punya dokumentasi acara maulid nabi Muhammad saat itu. Saya ini anti camera, jarang foto-foto dan emang gak suka difoto. Bawaan lahir hehe
Selain belajar di dalam kelas, kadang-kadang kita juga mengadakan belajar di luar kelas biar anak-anak tidak bosan. Tapi cari tempatnya yang dekat aja dari sekolah tinggal lurus belok kanan. Sampai deh di hutan kota Munjul. 


Biasanya kegiatan di luar sekolah yang paling ditunggu-tunggu oleh anak-anak termasuk anak saya. Dan itu akan membekas di memori otaknya untuk beberapa lama, bahkan akan selalu diingat sama dia. Salah satunya kegiatan di bulan Oktober yaitu gebyar PAUD di ancol. Meski lombanya sederhana cuma memasukkan bola dan saya rasa semuanya menang dan dapat piala meski beda peringkat. Tapi anak-anak  bangga sekali dengan lomba tersebut. Menumbuhkan semangat dan rasa percaya diri serta melatih bersosialisasi dengan teman-teman PAUD Se-Jakarta Timur. 

Salah satu kegiatan yang menumbuhkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah ada di bulan Maret yaitu peragaan manasik haji di asrama haji Pondok Gede Jakarta Timur. Anak saya sampai selalu bilang "aku mau naik haji mah". Insya Allah jadi doa ya. Semoga ada rejekinya suatu hari nanti bisa manasik haji beneran di tanah suci Mekkah. 

Yang paling ditunggu emak-emak yaitu acara makan bersama yang diadakan sebulan sekali di sekolah. Soalnya selain anaknya malah lebih heboh emak-emak nya anaknya cuma makan roti. Emaknya menu lengkap sehat. Ikan asin gabus kering, sambal, lalapan, tumis kangkung, tahu, tempe. Edisi menggemukkan badan wkwkwk

Kegiatan penutupan di akhir tahun ajaran sekolah yaitu perpisahan. Sebenarnya banyak rencana yang diinginkan. Mau rekreasi outdoor. Tapi qadarullah waktu itu orang tua dari bu gurunya Nabil sedang dirawat, jadi kita gak jadi ngadain acara jalan-jalan. Perpisahannya di sekolah aja ngabisin uang kas dibeliin kado buat ibu guru sama beli kaos buat anak-anak dan bu guru juga, biar ada kenangannya sekolah disini sekaligus buat promosi biar tahun depan nabil banyak temennya hehehe


Nah yang mau cek lokasi boleh banget. PAUD Yuli Akram itu adanya di Munjul ya Jalan Musholla Fathul Ulum. Deket sekolah Ibnu Hajar Boarding School. Disebelah perumahan Alexandria. Kita Do'akan saja pandemi covid segera berlalu agar sekolah bisa normal kembali. 
Salam sehat semuanya. Selalu jaga 3 M. Menjaga jarak, memakai masker dan mencuci tangan dengan sabun. 

Wassalamu'alaikum warohmatulohi wabarakatuh



Comments