Hobi Baru Pelihara Ikan Cupang




Assalamu'alaikum emak-emak semua. Ketemu lagi dengan saya emaknya Nabil. Kali ini saya mau bahas soal hewan peliharaan di rumah. 

Saya sih ngga terlalu hobi pelihara hewan soalnya udah kebayang duluan kalau punya hewan peliharaan ya udah ketebak pasti urusan bersih-bersih kandang dan kotorannya pasti diserahkan ke saya emaknya anak-anak, wonderwoman di rumah ini  Hehe

Makanya waktu anak-anak mau pelihara hamster saya protes duluan, saya gak ijinin soalnya dulu juga sudah pernah pelihara hamster awalnya emang bagus tapi lama-lama kan bau juga karena serbuk kayu buat alas kandangnya harus diganti kalau sudah kotor. Itupun tidak berlangsung lama si hamster unyu itu dipelihara karena pada akhirnya hamster nya mati dimakan kucing.

Beberapa waktu lalu paksu alias my bojo tiba-tiba ngajakin pelihara ikan cupang. Awalnya saya nolak dan kepikiran duluan malesnya apalagi kalau pakai aquarium pasti cepet kotor. Belum lagi kalau ngikutin gaya temen-temen kantornya pasti belinya yang mahal mending buat beli bakso, saya ini termasuk orang yang ngirit mak, hidup ga usah banyak gaya, sederhana asal bahagia hehehe

Tapi namanya juga perempuan ya mak tetap aja ada rasa gak teganya kalau keinginan anggota keluarga tidak terpenuhi. Sore itu saya ngeluyur ke rumah saudara deket rumah. Cuma beda RT. Dan bener aja ternyata anak dari sepupu saya Aji pelihara ikan cupang bahkan dibudidayakan. Tanpa basa basi saya langsung bilang mau beli ikan cupang. Ternyata oh ternyata dia bilang ikan cupang nya tinggal yang anakan belum ada yang besar. Katanya sih yang besar sudah dikirim ada pesanan dari temen-temennya. Saya mau minta yang besar dia bilang itu indukan ngga dijual. Haduh.. Udh terlanjur dateng kesitu masa pulang tangan kosong. Akhirnya saya nekad aja gapapa deh anak orok cupang juga nanti juga lama-lama gede . Lagian saya ga yakin juga bisa pelihara ikan biasanya kalau beli ikan kecil-kecil di depan Al-hamid ga nyampe satu minggu juga udah mati diobok-obok si nabil hehe

Saya memilih 4 ekor ikan cupang beda warna, waktu mau dibayar bang Aji bilang ga usah bayar soalnya ikannya juga masih pada kecil. Masya Allah baik amat nih ponakan akhirnya saya selipin aja 20 ribu saya bilang buat jajan es hehe

Pertamanya ikannya saya campur ternyata dia pada berantem mak. Soalnya tempatnya cuma satu, aquarium mini waktu itu beli di Mr. DIY plaza cibubur saya lupa harganya kalau gak salah  30 ribuan deh.

Akhirnya saya pisahkan satu per satu, yang satu ekor di aquarium mini, dua ekor di botol bekas minyak, yang satu ekor lagi di botol bekas madu. Ternyata oh ternyata yang dibotol bekas madu ikannya lompat mak karena tempatnya terlalu kecil dan air hampir penuh makanya dia bisa lompat dan baru ketauan esok paginya makanya sudah tidak bisa diselamatkan.

Saya pesan pakan ikannya online mak. Dan ternyata lama sekali datangnya, pengemasan 4 hari, akhirnya buat sementara beli kutu air dulu deh di bang Aji.


Setelah saya perhatikan ikan yang di botol bekas minyak tumbuh lebih lambat dari temannya yang di aquarium mini. Makanya saya putuskan beli lagi aquarium mininya. Saya beli online tapi belinya yang imut murah meriah. Hehe


Ikan cupang ini gak suka kalau tempatnya kotor ya mak jadi seminggu sekali kita harus bersihkan aquarium mininya. Memberi makanannya pun jangan banyak-banyak soalnya ikan ini kayanya tahan lapar deh pernah beberapa hari lupa dikasih makan tapi dia masih baik-baik saja.

Kemarin saya beli pakan nya beda merk dan ternyata ditutupnya ga ada lubang-lubang kecilnya jadi pas nabila kasih makan ikannya langsung tertuang terlalu banyak. Saya pikir masih kuat lah sampai besok soalnya saya mager banget malem-malem bersihin aquarium. Ternyata cuma bertahan dua mak. Yang satunya tidak tertolong sepertinya dia mati karena airnya terlalu keruh sisa dari pakan yang kebanyakan tidak termakan.


Sesuai tebakan saya diawal mak. My bojo cuma kepengen doang pelihara ikan cupang. Yang merawat dan membersihkan aquariumnya ya saya. Disenyumin aja ya mak. Ikhlasin aja anggap aja hobi baru di masa pandemi covid 19. Kali aja ngeliatin ikan cupang berenang bisa meningkatkan imun hehe

Sampai ketemu lagi mak sehat selalu ya semuanya.. 

Wassalamu'alaikum warohmatulohi wabarakatuh




Comments