Pajak Kendaraan Bermotor

Assalamu'alaikum warohmatulohi wabarakatuh kawan-kawan semua. 
Bulan Desember 2020 kemarin motor si kaka udah jatuh tempo bayar pajak kendaraan bermotor. Motornya papa malah udah telat dari bulan Juli pajaknya belum dibayar. 

Soalnya kan lagi pandemi covid 19. Mau ke samsat kok agak khawatir juga takutnya nanti malah pulang bawa virus soalnya kan banyak orang dari mana-mana kita gak tau yang mana yang positif covid atau yang orang tanpa gejala. Apalagi si papa tuh ga mau ke samsat sendirian harus ditemenin bojo hehe. Otomatis si nabila jg harus ikut dong. Makanya mending ga usah dibayar dulu lagian kerjanya juga keseringan di rumah, motor jarang dipake jauh-jauh. Alhasil ga berasa udh setengah tahun itu motor nunggak ga dibayar-bayar pajaknya. 

Dan kemarin baru kepikiran ada tetangga yang bisa ngurusin bayar pajak dan ternyata ongkosnya termasuk murah cuma 50 ribu, klo ke samsat malah lebih mahal soalnya klo ke samsat sampai siang biasanya makan dulu di kantin deket situ, makan soto bedua aja udah 50 ribu belum bensinnya belum jajan hehe...

ya sudahlah berhubung lagi mager kemana-mana karena sudah terbiasa di rumah aja jadi saya putuskan minta tolong bayarin pajak sama tetangga aja buat motor si kaka dan motor papa. 

Persyaratan yang harus disiapkan :
KTP asli
Fotokopi KTP sesuai nama di STNK
Fotokopi STNK dan STNK asli
Fotokopi BPKB

Semua berkas yang sudah disiapkan saya serahkan ke tetangga saya pa Suyoto. Sudah dicek biaya pajaknya tapi beliau ga mau dibayar duluan, setelah STNK nya jadi aja baru dibayar. Masya Allah baik banget bapak ini. 

Setelah dua hari kemudian si bapak datang menyerahkan STNK dan KTP asli ke rumah saya. Disertai nota biaya pajak motor kaka dan motor papa. Saya mau bayar katanya gampang kapan aja bayarnya kalau sudah ada uangnya aja. Wuih mantap betul bapak ini. Gimana kalau ketemu orang yang suka memafaatkan kesempatan. Akhirnya saya minta di WA saja nomor rekeningnya biar bisa ditransfer langsung saja. 

Trus si bapak ini nanya motor saya emang ada tiga? Saya bilang ngga pa cuma dua, punya suami dan anak saya. Dia kasih lihat tulisan dibawah nomor mesin yang paling ujung di STNK si papa tulisannya 002 di STNK si kaka tulisannya 003 itu artinya motor kedua dan motor ketiga dia nanya motor pertamanya yang mana.

Saya inget-inget lagi mungkin motor saya yang hilang pada tahun 2011. Trus bapak itu ngecek lagi di hpnya saya gaka tau pakai aplikasi apa dan ternyata benar motornya yamaha vixion. Bapak itu menyarankan saya untuk memblokir STNK motor yang sudah hilang tersebut jadi nanti bayar pajaknya bisa lebih murah. Dia sempat heran ke saya kenapa ngga diurus dari dulu. Hehe saya pikir kalau kehilangan motor lapor polisi saja sudah cukup selesai urusan, ternyata beda soal untuk urus blokir pajak STNK harus tetap ke samsat. 

Saya minta ke bapa suyoto buat mengurus blokir motor yang sudah hilang tersebut. Waktu saya tanya biayanya dia bilang gampang itu mah yang penting siapin aja KTP sama Kartu keluarga dan materai 6000 sebanyak 4 lembar. Masya Allah nih orang baik banget. Tapi saya tetep tanya berapa biayanya dia bilang kalau sama dia cukup sepuluh ribu aja. Saya sampai kaget urus blokir STNK kendaraan bermotor murah amat. Akhirnya saya transfer biaya pajak stnk kembaliannya untuk blokir. Semoga berkah untuk bapak Suyoto yang sudah meringankan beban saya urusan motor. 

Dan alhamdulillah selesai urusan saya membayar pajak kendaraan bermotor sekaligus memblokir pajak kendaraan bermotor yang sudah hilang. Tinggal bayar pajak kendaraan bermotor selanjutnya di bulan Juli, kemungkinan insya Allah saya akan memakai jasa bapak suyoto lagi. Soalnya di situasi pandemi seperti ini masih takut pergi jauh-jauh. Sempat mau bayar via online tapi review aplikasinya bermasalah jadi khawatir uang masuk tapi STNK tetap kadaluarsa. 

Buat kawan-kawan semua semoga selalu lancar urusannya. Terima kasih sudah mampir ke blog saya. 
Wassalamu'alaikum warohmatulohi wabarakatuh


Comments