Persiapan Seserahan Lamaran


Udah lama banget gak nulis ni blog, lagi kepengen ngebahas persiapan seserahan lamaran mumpung masih anget.. Kebetulan acara seserahan untuk lamarannya sudah berlangsung dengan lancar  kemarin jadi tugas saya sudah selesai makanya saya sempatkan bikin tulisan ini.

Yang mau menikah sebenarnya adik laki-laki dari kakak ipar saya Umi Ebah. Cuma karena kedua orang tuanya sudah ngga ada makanya saya menawarkan diri membantu membuat paket seserahannya. Karena acaranya sederhana saja dengan budget yang tidak terlalu besar tapi kita usahakan buat yang bagus biar berkesan. Kan sekali seumur hidup dibawain yg beginian..

Kalau saya sendiri sih gak tahu soal asal muasal seserahan. Disini juga saya tidak akan membahas panjang lebar soal seserahan karena saya sendiri juga kurang paham soal begituan. Itu kan tradisi orang tua kita dulu. Kalaupun sekarang masih ada gak harus plek banget sesuai tradisi masa lampau barang bawaannya.. Jaman saya kecil dulu tradisi seserahan betawi munjul, pondok ranggon dan sekitarnya itu agak ribet ada semacam rumah-rumahan yang dirakit berisikan segala macam kebutuhan pokok seperti padi, kelapa, sirih, dll.. Dan setiap barang itu memiliki makna tersendiri.
Nantinya rumah-rumahan itu akan diusung seperti tandu sampai ke rumah mempelai wanita. Kalau saya pribadi sih kurang setuju gitu-gituan ribet banget kayanya. Lebih setuju pernikahan secara islami  cukup wali nikah, mas kawin dan saksi so..simpel..

Lanjut perihal membuat seserahan, yang pertama kali dilakukan adalah  saya list dulu barang-barang apa yang mau dibawa untuk seserahan biar bisa diperkirakan berapa jumlah kotak yang diperlukan, biar bisa dikira-kira juga mika untuk boxnya butuh berapa meter. kali ini saya beli 5 meter masih ada sisa sedikit. Setelah list dirasa sudah komplit tinggal laporan deh ke kakak ipar mana aja yang mau dibeli sekalian minta duitnya buat beli barang-barangnya..hahaha...

Daftar barang untuk seserahan ini versi saya ya isinya barang-barang  yang dibutuhkan mempelai setelah menikah nanti khususnya buat calon mempelai wanita. Ada juga perabotan biar selepas menikah mereka sudah siap berumah tangga sendiri karena calon pengantin keduanya yatim piatu jadi harus siap mandiri dong..

1. Seperangkat alat sholat

Berisikan mukena dan sajadah.
Gak pakai Alquran karena calon pengantin sudah punya Alquran kalau gak dibaca malah bikin dosa.

2. Sprei

Isinya cuma sprei saja karena calon pengantin gak mau pakai bed cover ribet katanya.

3. Tas dan sepatu

Tasnya beli di tokopedia Super-Sale86 harganya murah meriah, meski replika tapi gak jauh beda sama fotonya. Kalau sepatunya calon mempelai wanita yang beli biar pas.. Klo saya yang beli nanti pasnya di kaki saya...

4. Handuk dan baju tidur

Yang ini sengaja digabung karena gak ada temennya. Calon pengantin gak mau dibelikan pakaian dalam malu katanya jadi cuma baju tidur saja..

6. Pakaian wanita

Yang ini calon pengantin yang beli kebaya Kutubaru. Biar gak mubazir gak kepake jadi calon mempelai wanita yang memilih baju yang pas dengan seleranya.

7. Kosmetik

Yang ini Umi Ebah yang beli,  isinya yang biasa dipakai saja..

8. Panci set

Panci set ini saya beli di tokopedia Juragan Perabot. Harganya paling murah dibanding toko yang lain. Tapi sayangnya packing cuma dus saja jadi pas kurirnya kehujanan rusaklah dusnya terpaksa deh dibikin parcel..

9. Perangkat makan

Berisikan piring, mangkuk, gelas, sendok dan garpu. Biar setelah menikah pengantin bisa langsung makan di rumah gak usah ke warteg ha..ha..ha..

10. Kompor gas dan setrika

Kalau yang ini dibelikan oleh kakak beradik Lina dan Rahma, sepupunya Umi Ebah.

12. Makanan tradisonal

Makanan tradisional berisikan kue wajik, kue bugis dan kue lapis dan cupcake buatan saya.. 

13. Parcel buah
Parcel buahnya kakak saya beli yang sudah jadi.

Nah selesai deh... Baru ngomongin daftar barang seserahan aja udah panjang gini. Lanjut ke episode berikutnya ya untuk persiapan dan cara membuat box seserahan.
Makasih sudah mampir ke blog saya...

Comments