Hiasan dinding dari sedotan



Buat yang lagi iseng gak ada kerjaan atau emang kurang kerjaan mending bikin ini nih. Lumayan buat tempelan di tembok biar ga sepi-sepi amat. Hiasan dinding dari sedotan. Tapi khusus buat orang yang suka bikin kerajinan tangan yah.. Klo yang gak suka paling dibilangnya ih ribet banget atau ih kurang kerjaan banget...

Padahal ini kerajinan tangan tempo dulu. Sempet hits ditahun 2000an. Meski begitu sampai sekarang saya tetap suka sama kerajinan yang satu ini. Mengingatkan saya pada suatu tempat. Tempat pertama kali saya melihat hiasan dinding dari sedotan ini dibuat oleh Teh Mala. Dan saya baru tahu kalau sekarang Teh Mala sudah tiada, semoga amal ibadahnya diterima oleh Allah SWT. Semoga dialam sana teteh bisa berbangga hati hasil karyanya disukai banyak orang dan banyak yang meneruskan jejaknya membuat hiasan dinding dari sedotan ini. Sayangnya waktu itu saya tidak minta diajari cara membuat bunganya. Hasil karya teh Mala bunganya itu bagus banget, kalau yang ini sebisanya saya aja. Tak apalah yang penting jadi...

Bulan lalu berawal dari kegiatan belanja harian di warung ucok. Pas ngeliat sedotan berpak-pak saya langsung kepikiran pengen beli mau buat hiasan dinding. Akhirnya saya coba beli satu pak.

Bikinnya nyicil sesempetnya aja. Sambil nonton tv mulai deh iseng-iseng bikin bandulnya dulu. Kalau saya bilang sih buah cerme (cermai )nya. Soalnya mirip sama buah cermai. Pas udah banyak buah cermainya baru deh bikin bunganya. Terakhir baru merakit bingkainya. Cuma pakai lilin dan jarum pentul yah nempelinnya ga usah pakai lem. Tutorialnya saya pernah share sebelumnya disini . Tinggal disusun aja trus ditempel pakai jarum yang sudah dipanaskan. Tusuk saja beberapa kali biar kuat. kalau bisa saat menusukkan gak usah terlalu dekat sama hidung soalnya akan ada sedikit bau plastik terbakar. Setau saya asap plastik yang dibakar itu bisa menimbulkan banyak penyakit. Tapi ini gak sampai berasap kaya orang bakar sampah ya.. Klo mau lebih aman boleh lah pakai masker.

Kalau bunga sesuai selera mau buat yang bagaimana soalnya banyak macam bunga yang bisa dibuat dari sedotan. Kalau saya sih baru bisa buat yang seperti digambar.
Cara membuat bunganya tinggal dibelah saja sedotannya trus dipotong sesuai ukuran yang diinginkan baru diserut dengan punggung gunting biar bisa melebar dan melengkung seperti kelopak bunga beneran. Setelah banyak baru deh dirangkai menyerupai bunga. Menempelnya masih pakai jarum yang dipanaskan. Bisa juga pakai lem tembak kalau dirasa kurang kuat.

Kalau punya anak kecil sebaiknya hasil hiasan dinding dari sedotannya digantung agak tinggi. Soalnya biar gak ditarik-tarik. Kaya anak dan keponakan saya suka banget narik-narik bandul cermainya . Dia bilangnya aku mau petik buah...

Ada rencana mau buat lagi buat hiasan dinding di sekolah PAUD tempat anak saya sekolah tapi belum sempat lagi males.. Sedotannya udah beli satu pak yang agak besaran harganya delapan ribu. Next time lah buat lagi..

Makasih sudah mampir ke blog saya. Yang belum jelas boleh tanya-tanya di komentar. Atau bisa liat di postingan sebelumnya cara membuat hiasan dinding dari sedotan.

Comments