Cara Membuat Tempat Cincin


Sebelumnya saya pernah membahas tentang paket seserahan lamaran untuk adik dari kakak ipar saya. Nah masih di acara yang sama tapi kali ini tentang tempat cincin pernikahannya.

Mungkin bagi sebagian orang  akan bilang kerajinan banget sih bikin tempat cincin tinggal beli aja...
Rencana awalnya sih begitu emang mau beli. Cari-cari di online shop harganya mulai dari puluhan ribu sampai yang ratusan ribu. Tapi saya berpikir ini kan pesta sederhana dengan budget yang tidak terlalu besar, saya gak tau sih budgetnya berapa cuma sebagai adik yang baik saya coba pengertian lah ngapain sih buang duit buat begituan mending buat nambahin beli cincin kawinnya, iya gak....?
Habis nikah paling tuh tempat cincin ga kepake.

Jadi saya punya ide kenapa gak buat sendiri aja. Toh yang dijual di online shop pun rata-rata hasil kerajinan tangan si penjual. Dan belum tentu juga aman pas pengiriman kalau barang rusak selama di ekspedisi kan mubazir buang-buang duit.

Barang-barang yang dipakai disini pakai yang ada di rumah aja. Emak-emak kan sukanya ngirit. Gak usah beli yang mahal-mahal pake yang ada aja... Coba ubek-ubek lemari dapet kain yang udah ga kepake. Kain perca. Lumayan lah bisa dimanfaatkan buat hiasan..

Alasnya pake kotak seserahan yang ukuran paling kecil kebetulan emang masih ada sisa. Nah ditambahin lagi alasnya pakai kotak biar kelihatan tinggi. Saya pakai kotak bekas susu anak saya dibuat lebih kecil dari kotak parcelnya biar pas ada didalamnya jangan terlalu pas banget kasih jarak sedikit buat masukkin box mikanya nanti.

Kotak susu saya bungkus pakai kertas metalik warna emas/gold harganya cuma dua ribu rupiah. Trus kotak yang sudah dibungkus rapi ditempelin ke dasar kotak parcel pakai lem tembak maksudnya biar kokoh gak kegeser-geser. Nah kita buat lagi kotak yang lebih kecil. Kalau saya pakai kotak bekas kado-kadoan yang 500 rupiah. Setiap anak saya beli kado-kadoan kotaknya saya kumpulin eh ternyata bermanfaat pas bikin seserahan kemaren kepake juga buat alasin parcelnya biar tinggi. Kotak yang lebih kecil ini saya bungkus pakai kain satin di lem pakai lem tembak, Caranya kaya ngebungkus kado aja.  Lanjut buat kotak cincinnya deh. Sebenarnya ini kotak cincinnya kebesaran tapi ga apa-apalah. Yang ini masih pake kotak kado-kadoan saya bungkus satin juga. Trus pakai busa dua potong, saya pakai busa bekas sandaran kasur. Dibungkus satin trus ditempel ke dalam kotaknya biar menyerupai tempat cincin.

Selanjutnya sentuhan akhir tinggal menambahkan hiasan sesuka hati. Saya pakai boneka pengantin hiasan kue karena saya memang gak berencana bikin kue pengantin jadi dibuat ini aja. Ditambah bunga-bunga dari kain perca, ada pita jepang. Kalau daunnya pakai tas spunbond warna hijau bekas besek (nasi kotak).

Jadinya lumayan cantiklah kalau menurut saya.. Tinggal buat box mika buat tutupnya, mengikuti ukuran kotak yang ada di dalam ya yang pakai kertas metalik bukan diukur mengikuti ukuran kotak parcelnya. Jadi box mika ini nantinya ada ditengah-tengah antara kotak parcel dan kotak alas yang pakai kertas metalik tadi.

Untuk cara membuat box mikanya nanti saya akan bahas di postingan selanjutnya biar ga pusing bacanya, maklum bahasanya masih belepotan mudah-mudahan dapat dipahami...
See you next post...

Comments