Review mesin jahit mini 4 in 1

Assalamualaikum semuanya. Semoga sehat selalu ya.. 

Kali ini kita mau mereview mesin jahit mini saya yang sekarang udah jadi mainan si dede Bila alias sudah tidak bisa terpakai.

Kebiasaan ya bun ngereviewnya kok setiap barangnya udah almarhum. Pas masih baru saking asyiknya jahit menjahit sampai lupa foto-foto buat review. Pas udah mati total baru saya kasih review, tapi maksudnya baik kok bun buat pelajaran bunda-bunda sekalian biar gak ngalamin hal yang sama, sedihnya pas mesin jahit mini imut ini gak bisa lagi digunakan.

Mesin jahit ini berjasa banget buat saya menjelang lebaran dua tahun lalu. Soalnya waktu itu saya masih langsing jadi kalau beli baju gak pernah pas, selalu kegedean. Jadi setiap beli baju langsung deh dikecilin pakai mesin jahit mini ini.

Pemakaian juga mudah banget,  ada lampu lednya juga jadi bisa buat jahit dimalam hari atau ditempat kurang cahaya.

Kalau pemakaiannya tepat sesuai prosedur sebenernya aman-aman aja pakai mesin jahit ini dan mudah-mudahan bisa awet dan tahan lama. Kecuali kalau bandel kaya saya bisa jadi mesin jahit mininya gak berumur panjang alias mati total.

Mesin jahit mini ini khusus untuk bahan yang tipis-tipis aja ya. Dan tidak bisa untuk kaos atau spandek yang melar atau elastis. Pernah saya coba hasilnya ga kejahit sempurna loncat-loncat gitu.

Kalau dipaksakan untuk bahan yang tebal suara mesin jadi terdengar lebih keras dari biasanya, kalau sekali-sekali untuk menjahit lipatan bisa-bisa saja. Tapi kalau terus-menerus misalnya untuk menjahit bahan yang terlalu tebal bisa membuat sparepart mesin bagian dalam patah dan mesin tidak bisa digunakan lagi.

Itu yang terjadi sama mesin jahit mini saya. Waktu saya gunakan untuk menjahit baju muslim dibagian keliman/lipatan bawah. Mungkin karena terlalu tebal tiba-tiba bagian yang saya jahit tidak terjahit atau benang tidak bisa mengayam. Terkadang bisa lagi tapi kemudian tidak bisa menganyam lagi. Semakin saya paksakan justru ada suara aneh dan ternyata mesin saya tidak bisa lagi digunakan karena sparepartnya patah.

Sebenarnya di toko online ada yang menjual sparepart mesin jahit mini ini. Cuma saya takut tidak bisa memasangnya akhirnya saya diamkan saja. Mungkin kapan-kapan lah servis mesin jahit mini ini.

Waktu itu saya beli mesin jahit mini ini masih diatas 200 ribuan. Ternyata sekarang yang 115 ribu juga ada. Lumayan tuh murah meriah daripada keseringan ke tukang jahit. Sekali permak baju kena 20 - 25 ribuan.

Tapi saya lagi tertarik mesin jahit portable mini 505 yang harga 500 ribuan soalnya ada beberapa tipe jahitan walau gak boleh buat bahan yang terlalu tebal juga tapi masih lebih mending daripada mesin jahit mini yang  imut.

Kapan-kapan deh saya review mesin jahit portable mini 505. Soalnya ini baru beli jadi belum tahu kekurangan dan kelebihannya.

Oke see you next time.. Makasih sudah mau membaca curhat saya...

Nb. Barusan ada teman yang nanya gimana biar jahitannya gak kendor. Kemungkinan pasang benangnya belum pas ya ,disitu juga ada puterannya yg ada pernya itu diatur aja sampai kekencangannya pas. Sambil dites ngejahit aja sampe ketemu jahitan yang atas bawahnya oke. 

Comments

  1. Bunda bahan yg tipis2 itu apa seperti katun soalnya sy mau buat seprei sendiri. Dan kalo dalam sekali pakai apa ada minimal waktunya. .?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf ya baru buka blog. Bahan tipis itu semacam katun, sifon, wolfis, sanwos. Bunda Balkis Jusi Masruroh gimana jahit sprei nya. Pasti sudah mahir ya?

      Delete

Post a Comment