Resep Kue Putu Bambu Empuk Enak



Perjuangan banget bikin kue putu bambu ini gak pernah sukses pakai tepung beras kemasan akhirnya bela-belain giling tepung sendiri.


Udah lama banget nih gak ngebaking gara-gara lagi jaga kesehatan. Soalnya bulan lalu ada sales obat yang dateng ngasih tawaran periksa kesehatan gratis ternyata kolesterol saya sudah di ambang batas peringatan, sedikit lagi masuk kategori kolesterol tinggi. Emang sih tuh sales ujung-ujungnya nyuruh beli obat kalau beli di apotek harganya 800 ribu kalau beli sama dia dapat potongan jadi 350 ribu saja dengan syarat nyerahin kartu bpjs dan ktp. Tapi dipikir-pikir tuh obat mahal amat mending saya minun obat herbal aja atau pantang/menghindari makanan yang bikin kolesterol toh baru diambang batas peringatan belum tinggi-tinggi amat. (Bandel ya bun...)


Tapi tetap aja setelahnya jadi kepikiran. Ternyata saya udah tua ya. Udah kena penyakit begituan, harus pintar jaga kesehatan, jadi semenjak itu dikurangin deh makan yang berat-berat kaya makanan bersantan, kuning telur, jeroan, gorengan, termasuk cake dan cookies yang banyak pakai telur.

Tapi yang namanya kebiasaan itu gak bisa dirubah semudah membalikkan telapak tangan ya bun.. rasanya ada yang kurang kalau gak nguprek di dapur, udah kebiasaan bikin kue-kuean buat camilan apalagi kalau lagi libur.

Takutnya pada bosen setiap hari makannya sayur, tempe, ikan. Kalau beli makanan di luar ujung-ujungnya belinya bakso, gorengan, kerang hijau, mie ayam dan sejenisnya yang belum jelas bagus buat badan.

Jadi pikir-pikir pengen bikin cemilan tapi yang gak pake telur dan mentega, yang gak bikin kepala pusing karena darah tinggi atau kolesterol.

Dan ini nih akhirnya camilan yang dibikin yaitu kue putu bambu tapi gak pakai bambu. Kue kesukaan suami saya. Duh duh bikin kue sekalian itung-itung cari perhatian biar suami gak nyari jajan diluar. Jajan camilan loh maksudnya..

Kue putu bambu ini bahannya simpel banget cuma tiga bahan. Tepung beras, gula merah sama kelapa parut. Bikinnya juga simpel gak pake banyak perabotan dan gak perlu banyak tenaga.

Dalam waktu sebulan udah lima kali eksperimen bikin putu bambu, niat banget ya...
Dah berkali-kali gagal karena selalu hasilnya keras dan seperti berkerak dibagian luarnya jadi kering gitu. Walaupun masih enak-enak aja kalau dimakan pas anget-anget.

Dipercobaan kelima sore tadi barulah dapet hasil yang maknyus. Empuk dan wangi sesuai harapan.

Percobaan pertama kurang oke bun. Hasilnya agak keras kurang legit gitu, adonan saya buat hijau tapi kaya ada kerak putihnya. Tadinya saya pikir karena adonannya saya tambahin gula saking ketakutan tuh kue bakalan hambar ga ada rasanya. Padahal ga usah pakai gula karena disitu seninya bagian luar putu ayu yang gurih bercampur dengan isian gula merah yang manis dengan aroma khasnya bikin rasanya lebih maknyus. Trus pas percobaan pertama adonan agak kelembekan jadi saya tambahin tepung beras beberapa kali sampai bisa diayak. Setelah dikukus kok adonannya kaya ada kerak putihnya saya pikir itu belum mateng tapi semakin lama dikukus semakin keras dan kerak putihnya tetap ada. Itu kayanya karena tepung beras yang saya tambahkan tidak terkena air panas, jadi tepung masih mentah.

Percobaan kedua adonan tepung beras cuma pakai garam tidak pakai gula lalu disiram air hangat secukupnya biar gak kelembekan dan ga perlu ditambah tepung lagi lalu diuleni dan disaring dengan saringan kawat/saringan minyak. Ternyata tetap sama luarnya keras dan berkerak putih. Tadinya saya pikir itu mungkin karena cetakan dioles minyak jadi tepungnya seperti digoreng akhirnya berkerak itu pikir saya.
Percobaan ketiga cetakan ga pakai minyak tapi pakai air ternyata tetap sama. Luarnya keras dan berkerak putih. Adonan sengaja saya buat selalu hijau jadi kalau ada kerak putihnya kelihatan kalau adonannya putih ya ngga kelihatan soalnya kerak putih dibagian luar saja dan ga semuanya.

Percobaa ke empat tepung berasnya saya kukus dulu baru diuleni seperti biasa ternyata tetap sama keras juga walau agak mending ga terlalu kering banget. Mungkin kalau dikukus sambil disiram air hangat bisa enak kali ya..

Tapi karena sudah lelah mencoba saya memutuskan tidak menggunakan tepung beras kemasan. Tapi pakai beras yang direndam beberapa jam lalu ditiriskan dan digiling. Seharusnya digiling pakai gilingan tepung tapi males banget masa cuma beras tiga cup magic com aja harus jauh-jauh giling tepung ke pasar. Jadi saya coba pakai penghalus bumbu grinder. Karena blender saya yang murah jadi gak bisa sampai halus banget masih ada yang berbutir halus seperti gula padahal sudah disaring pakai saringan tepung tapi tetap masih ada yang kasarnya. Pas saya coba kukus dan diadoni seperti biasa dengan disiram air hangat,diayak sampai berbutir seperti pasir lalu di cetak dan dikukus hasilnya payah masih ada kriuk-kriuk berasnya, emangnya burung dikasih makan beras. Untung baru ngetes dikit doang.

Sempat kepikiran gimana caranya biar beras yang gak halus itu gak kriek-kriek. Akhirnya saya coba ketika tepung dikukus saya siram dengan air biar tepung yang masih kasar bisa matang dan empuk. Ternyata berhasil. Tapi saya kebanyakan nyiram airnya jadi waktu mau diayak pakai saringan kawat dia gak mau turun duh..duh..duh.. sempat frustasi sama nih adonan, akhirnya tuh adonan saya masukin kulkas.
Soalnya harus masak yang lain dulu buat makan siang.

Sore hari pas dede Bila bobo baru lanjut dieksekusi. Dan adonan sudah keras seperti batu..hehe..ga kaya batu juga sih.. Ternyata susah juga diayak pakai saringan kawat, daripada saringan kawatnya jebol trus kawatnya ikut masuk ke kue saya ga mau ambil resiko. Akhirnya adonan yang sudah keras itu saya parut dan ternyata berhasil bisa berbutir seperti kue putu di abang-abang. Baru deh dicetak dan dikukus ternyata rasanya enak dan tetap empuk meski ditaruh di suhu ruang.


Sebenarnya lebih enak kalau pakai cetakan bambu kaya di abang-abang penjual kue putu. Tapi berhubung ga ada bambunya jadi pake yang ada aja. Katanya pakai pipa juga bisa tapi aman gak ya kalau pipa dibuat masak itu kan tidak direkomendasikan buat memasak . Jadi saya putuskan pakai cetakan bolu kukus aja.

Yuk kita lihat resepnya.. Ini resep di percobaan pertama,kedua dan ketiga. Yang keempat dengan resep sama tapi dikukus dulu tepung berasnya.

Resep putu bambu tanpa bambu
By. Siti Aisah
250 gram tepung beras rosebrand
Air secukupnya (setengah gelas)
1/2 sdt garam
Daun pandan secukupnya
Pasta pandan
Gula merah secukupnya di iris atau diparut untuk isian (100 gram)
1/2 butir kelapa setengah tua diparut tambah garam sedikit lalu kukus 10 menit

Cara membuat:

1. Rebus air dengan garam dan daun pandan sampai mendidih. Angkat dan masukkan 1 sendok makan pasta pandan aduk rata.
2. Masukkan tepung beras dalam wadah lalu siram dengan air yang sudah direbus tadi aduk rata. Air tidak perlu dihabiskan dikira-kira saja sampai adonan kalis dan bisa disaring jadi jangan terlalu lembek.
3. Ambil sedikit adonan lalu saring dan ratakan dengan sendok sampai menghasilkan butiran tepung seperti pasir. Gunakan saringan minyak/saringan kawat agar mudah ditekan/digosok dengan sendok. Lakukan sampai adonan habis.
4. Siapkan gula merah yang sudah diiris halus.
5. Panaskan dandang untuk mengukus. Siapkan cetakan bambu atau cetakan apa saja boleh. Masukkan setengah adonan tapi jangan ditekan agar tidak keras. Isi dengan gula merah lalu tutup lagi dengan adonan ratakan.
6. Kukus hingga matang. Sajikan selagi hangat dengan taburan kelapa parut kalau dingin jadi keras.


Resep putu bambu maknyus
By. Siti Aisah

Bahan-bahan:
3 cup beras
Garam
Air secukupnya
1/2 butir kelapa setengah tua diparut tambah sedikit garam lalu kukus

Gula merah secukupnya (saya 250 gram masih ada sisa dua keping)

Cara membuat:
Beras direndam beberapa jam lalu ditiriskan setelah itu digiling. Lebih bagus digiling dengan gilingan tepung.
Campur dengan sedikit garam aduk rata lalu kukus
Siram dengan air hangat setelah dingin campur dengan sedikit kelapa parut aduk rata bisa tambahkan pasta pandan biar lebih wangi lalu saring dengan saringan kawat.
Masukkan dalam cetakan yang sudah dioles minyak. Isi tengahnya dengan parutan gula merah lalu tutup dengan adonan sampai penuh padatkan tapi tidak perlu ditekan telalu kuat agar tidak keras.
Kukus sampai matang. Taburi kelapa parut dan siap dihidangkan.

Kue ini nikmat dihidangkan selagi hangat. Buat teman minum teh di sore hari.

Comments