Resep Kastangel



Kali ini saya mau berbagi resep cara membuat kastangel gurih enak kesukaan si kakak. Bikin ini nyontek resep di buku catatan, gak tau nih resep dapat dari mana kayanya sih dari google soalnya yang dari majalah ada dilemari males ngeluarinnya udah kelamaan dari jaman muda dulu sampe skarang dah punya anak gadis abg.

Langsung aja yuk kita lanjut nguprek di dapur. Langkah pertama dalam membuat kue kering kastangel yaitu kita siapkan dulu loyangnya sekalian sama alas kertas rotinya biar gak ribet nanti adonannya tinggal cetak-cetak aja dan ditata di loyang yang sudah disiapkan ini, kalau adonan duluan yang disiapkan nanti rempong lagi tuh adonan suruh nunggu gunting-gunting kertas roti dulu , kelebihan pakai kertas roti ini kita gak perlu tuh ngoles-oles mentega ke loyang jadi loyang tetap bersih, meski gak dioles dijamin kue kering kita ga bakal nempel tuh dikertasnya, kertas ini juga bisa menyerap minyak jadi kue kita lebih kering dan renyah tahan lama juga tentunya. Keuntungan lainnya bisa dipakai berulang-ulang saya aja sampe seharian ga diganti habis males gunting2 kertas roti lagi jadi yang itu aja dipake  dibolak-balik bikin kastangel, semprit, kue kacang oke-oke aja tuh.

Buat yang mau tahu resepnya ayo deh kita lanjut

Kastangel

By. Siti Aisah

185 gram Margarin
15 gram butter
2 kuning Telur
300 gram Terigu
150 gram Keju cheddar parut
150 gram Keju tua parut
Sedikit garam

Olesan:
2 kuning telur
2 sdm susu kental manis
1 sdm minyak goreng

Cara membuat:
Kocok telur dan margarin serta butter dalam satu wadah sebentar saja pakai spatula juga bisa, tambahkan kuning  telur kocok lagi sebentar lalu tambahkan keju tua dan keju cheddar parut. Terakhir masukkan tepung terigu dan garam yang sudah diayak sebelumnya, aduk rata. Kalau saya biasanya adonan yang sudah jadi saya taruh kulkas dulu biar enak pas dicetak gak terlalu lembek dan gak lengket.

Jangan lupa panaskan dulu ovennya, saya pakai otang jadul gak pake pengatur suhu jadi pakai api kecil saja.  Sekarang cetak adonannya gilas adonan dengan rolling pin lalu cetak dengan cookies cutter untuk kastangel berhubung saya gak punya cetakannya jadi saya pakai pisau aja bentuk persegi panjang kecil-kecil aja,  tata diatas loyang yang sudah dialasi kertas roti olesi dengan kuning telur lalu taburi keju cheddar  parut lalu panggang kira-kira 20 menit.

Setelah matang biarkan dingin lalu tata dalam toples. Selamat mencoba....!

Comments