Nostalgia Cetak Foto Souvenir




Udah lama banget ga nulis di blog ini. Lagi ga ada mood karena terlalu sibuk dengan urusan ibu rumah tangga, ngurus anak dan gawean rumah.

Awalnya saya buat blog ini tujuannya mau sharing cara membuka bisnis cetak foto souvenir tapi kenapa ujung-ujungnya jadi ngelantur ini blog isinya resep-resep dan tutorial pernak-pernik yang gak ada hubungannya sama cetak foto ya..

Mungkin karena sekarang udah gak terjun di dunia digital printing jadi bingung mau mulai menulis darimana. Lagipula printer epson r230nya sudah rusak ga keurus jadi bingung gimana bikin tutorialnya klo printernya aja ga ada. Mau beli lagi percuma juga kalau jarang dipakai r230 itu gampang ngadat harus dirawat dengan rutin, sementara sekarang saya harus ngurus anak yg masih kecil ribet banget klo suruh ngurusin printer juga. Btw printernya dijual ke tukang loak sama ibu saya cuma dikasih harga 50rb hahaha padahal belinya 2 juta. Ya sudahlah barang bekas emang ga ada harganya ya..

Jualan cetak foto saya di Cijantung sebenarnya rame tapi terpaksa saya sudahi karena waktu itu ibu saya mau berangkat haji dan gak ada yang ngurusin anak dan rumah. Ditambah lagi saya lagi program punya momongan setelah sebelumnya anak saya meninggal pas masih bayi dua bulan. Gak mau kejadian terulang makanya saya fokus di rumah aja menjaga diri tetap bahagia gak boleh capek-capek gak boleh stress stress kerjaannya cuma makan sama ibadah biar dikasih anak yang sehat sempurna. Tapi dilubuk hati yang terdalam semangat untuk terjun ke bisnis digital printing masih tetap berkobar. Nunggu anak besar sekalian ngumpulin modal buat bikin usaha yang lebih besar. Walau kadang suka melenceng mau buka digital printing atau toko kue ha..ha.. Ibu-ibu labil.. Ya liat aja nanti masa depan siapa yang tahu, tugas kita kan cuma berusaha biar Allah yang menetapkan takdir kita nantinya..

Balik lagi ke bisnis cetak foto, waktu buka counter di Cijantung sempat ada salah satu pelanggan saya cowok anak kuliahan yang bertanya, mba kuliah di mana kok jago sih bisa buka beginian. Saya aja udah kuliah dua tahun belum bisa apa-apaan baru dasarnya doang. (Geer.. ceritanya..) ya gak jago-jago amat padahal, soalnya saya belajar otodidak gak pake kuliah, makanya saya taunya praktek kalau teori mah minus, saya kurang paham tuh teori tentang icon-icon dalam photoshop namanya apa-apa aja keseringan sih ngapalin gambar iconnya daripada namanya.

Ilmu ini saya dapat berawal dari tempat saya kerja dulu di salah satu mega grosir terbesar di Jakarta Pusat. Dulu awalnya saya cuma SPG cetak foto, gaptek sama sekali gak tahu apa-apa soal komputer dan segala tetek bengeknya, masukin kertas ke printer aja masih bingung. Tugas saya waktu itu agak malu-maluin jadi setiap ada pengunjung mall lewat saya suruh teriak "Boleh cetak fotonya bisa di mug di jam di kaos, Boleh..!" kata bos saya sih itu ngikutin orang padang kalau lagi jualan teriak-teriak gitu biar rame. Jujur aja pas baru-baru saya malu banget suruh teriak gitu jadi cuma kadang-kadang doang teriak nawarin ke customernya klo pas ada bos doang, nah pas udah agak lama baru terbiasa teriak gitu, urat malunya udah putus...

Selain nawarin ke pengunjung tugas lainnya adalah masang kertas ke printer. Potong foto sesuai ukurannya dan cetak foto ke produk yang mau dicetak bisa di mug di jam, di kaos dan lain-lain. Kalau yang ini saya ditraining Di pusat dua minggu pas baru diterima kerja.

Untungnya saya ditempatin di cabang di pinggiran Jakarta Timur jadi jarang tuh bos dateng makanya sedikit-sedikit suka kepo pengen bisa jadi operator juga. Untung sang operator Mz Andre baik hati dan tidak sombong dia suka ngajarin saya diam-diam katanya  sih biar bisa ditinggal sholat jumat klo saya bisa operatorin sendiri. Punya bos non muslim emang kadang mau sholat aja ribet. Padahal rejeki ga kemana biar kita tutup pas lagi sholat nanti pas buka juga ada aja yang beli. Iya toh... Itu menurut saya beda lagi klo sama si bos.

Singkat cerita cabang tempat saya bekerja ditutup dan saya dipindahkan ke cabang yang lain lagi. Sampai akhirnya dipindahin ke pusat dan udah agak pinteran dikit. Sampai suatu hari si bos sadar kalau saya sudah bisa komputer. Akhirnya saya sering di kirim ke cabang-cabang pinggiran kota buat gantiin operator yang off.

Keseringan ditinggal jadi operator komputer sendirian kemampuan saya jadi semakin terasah dan dua tahun setelah itu saya diangkat jadi manager. Keren sih jabatannya tapi ini kan cuma manager toko biasa bukan di perusahaan besar yang gajinya puluhan juta. Tugas saya waktu itu buat ngelatih anak baru dari nol sampai bisa komputer dan siap ditempatkan sendiri di counter cabang,  anak baru kebanyakan dateng dari kampung biasanya ada agen yang tugasnya nyari karyawan dari kampung soalnya kalau pasang iklan di koran jarang ada yang minat kebanyakan udah nyerah duluan pas liat komputer apalagi kalau masih baru gajinya kecil , tugas selanjutnya nyariin kost-kostan buat anak baru,  memantau cabang secara berkala dan datang ke cabang kalau ada yang rusak, instal ulang komputer yang rusak, survey ke mall-mall buat cari lokasi cabang baru termasuk nyiapin semua barang-barang yang mau dibawa ke cabang baru, bagiin gaji dan lain-lain (ini manager atau kacung ya..semua dikerjain..) Dengan kata lain si bos tinggal memantau aja dari rumah dan semua saya yang urus.

Suami saya yang waktu itu bekerja sebagai office boy di sebuah koperasi simpan pinjam ternyata tertarik juga mau belajar komputer. Akhirnya setiap malam sepulang kerja kita berdua les komputer bareng di rumah. Anak orang aja saya ajarin masa sih suami sendiri ngga. Dan akhirnya suami merasa tertantang entah karena ingin menaikkan taraf hidup ke jenjang yang lebih baik atau karena merasa ada kesenjangan sosial di mana penghasilan istri lebih besar daripada penghasilan suami akhirnya suami memutuskan berhenti bekerja dan terjun ke usaha digital printing dengan bimbingan dari saya tentunya. Pada awalnya gak sesuai perkiraan karena dengan modal terbatas kami hanya buka di pinggir jalan raya dekat rumah sepi bro... Ternyata orang sini lebih suka cetak foto souvenir ke mall ketimbang di pinggir jalan. Paling hanya ada beberapa aja yang jadi langganan. Waktu itu internet belum ngetrend jadi promosinya kurang. Alhasil cuma setahun doang buka disitu soalnya buat sewa counter lagi modalnya kurang karena harus langsung satu tahu sewa counternya.
Tapi kami tidak patah semangat buat ngumpulin modal lagi. Berhubung suami udah mulai jago komputernya. Dia memberanikan diri melamar kerja di digital printing yang khusus mencetak banner, spanduk, baliho dan lain-lain. Selain untuk mengasah ilmu sekalian mengumpulkan modal biar bisa buka counter lagi. Berjalan beberapa bulan suami sudah mulai dekat dengan bosnya dan jadi sering curhat tentang cita-citanya. Ternyata bos suami saya mau membantu biar saya bisa buka counter di mall. Alhamdulillah ternyata jalan saya dimudahkan. Saya mencari tempat yang dekat dari rumah yaitu mall Graha Cijantung selain sewanya gak terlalu mahal disini juga banyak dikunjungi pelajar dan mahasiswa. Awal-awal buka counter saya mensiasati dengan menyebar brosur dan membuat banner promosi dimana ada harga semula yang di coret menjadi harga promo yang lebih murah. Misalkan cetak foto di jam dinding harga 30.000 nah 30.000nya dicoret diganti 25.000.
Saya tulis promo pembukaan. Ternyata efektif juga untuk menarik pengunjung. Pengunjung jadi gak malu-malu lagi nanyain harga. "Ini beneran lagi promo mba. Saya mau cetak dong..!" itu kata-kata dari pelanggan saya kala itu. Dan Alhamdulillah dari awal buka selalu ada saja pengunjung. Saya bisa menutup sewa bulanan dan untuk modal belanja. Sisanya baru buat saya dan buat komisi ke bos suami saya yang sudah meminjamkan modal.

Kebanyakan pelanggan saya anak abg, pelajar SMP dan SMA yang waktu itu lagi demam artis korea  paling sering cetak Super Junior. Jadi banyak tuh yang cetak foto artis kesukaannya, yang paling laris sih gantungan kunci id card soalnya harganya cuma lima ribu perak plus bisa dikasih tambahan tulisan dan backgroud. Kalau ibu-ibu biasanya suka cetak di mug atau di jam dinding. Enaknya kalau lagi dapat borongan order banyak buat acara ulang tahun, arisan, souvenir pernikahan, atau event tertentu seperti perpisahan sekolah atau reuni. Kalau mau ramai pengunjung yang terpenting selalu ramah sama pengunjung, dengerin apa maunya pelanggan biar mereka seneng walau dibatasi juga jangan terlalu banyak permintaan bisa-bisa cetak mug satu biji aja ngeditnya berjam-jam. Kalau lagi sepi biasanya saya sabar aja kalau ada yang minta macam-macam. Kalau lagi ramai ya yang simple aja kecuali kalau mau ditinggal dan diambil besok jadi bisa dikerjain pas senggang. Biasanya pelanggan yang puas dengan hasil karya kita pasti akan balik lagi bahkan ngajak teman-temannya buat cetak foto di tempat kita.

Tuh kan jadi panjang curhatnya. Buat rekan-rekan jangan malas untuk mempelajari hal baru. Yang mau buka cetak foto souvenir atau buat cetak sendiri di rumah saya kasih sedikit bocorannya. Untuk mesin-mesin seperti mesin press mug, mesin press pin (bross), mesin laminating, serta bahan bakunya seperti mug coatong, pin, kertas sublim, kertas inject, kertas photo, tinta printer dan lain-lain bisa di cari di Harco Mangga Dua. Saya lupa nama tokonya tapi disitu ada beberapa toko yang menjual barang-barang tersebut anda tinggal survey saya untuk mencari toko terlengkap dan termurah. Kalau untuk jam dinding dan bingkai foto saya biasa beli di Pusat Grosir Senen disitu harganya murah meriah apalagi kalau pembelian grosir. Beda harganya lumayan jauh dari harga satuan jadi jangan lupa bilang kalau kita beli untuk dijual lagi nanti dikasih harga murah deh. Saya juga pernah ke asemka untuk beli ring gantungan kunci dan tali id card. Itu karena dulu belum ada toko online ya. Sekarang mungkin kalau gak mau ribet tinggal cari di toko online saja.
Mungkin sampai sini aja dulu curhatnya. Next time kita teruskan lagi.



Ini tampilan brosur saya beberapa tahun lalu tahun 2012. Sederhana tapi bikin laris. Pengunjung yang tadinya malu bertanya karena takut mahal gara-gara lihat brosur ini jadi nyamperin deh.


Comments

  1. BOLAVITA Adalah Agen Judi Online Terpercaya di Indonesia.

    Mengadakan Tournament Casino Live Dengan Total Hadiah IDR 149.000.000,- !

    Informasi Selengkapnya Klik Link » ( https://bit.ly/tournamentcasino )

    Menerima Transaksi Deposit & Withdraw Menggunakan OVO | GOPAY | LINKAJA | DANA | PULSA dan SEMUA JENIS REKENING BANK DI INDONESIA.

    Link Pendaftaran »» https://bit.ly/3b2Tnq7

    Untuk Informasi selengkapnya, Hubungi Kontak Cs kami yang online 24 Jam dibawah ini :

    » Nomor WhatsApp : +62812-2222-995
    » ID Telegram : @bolavitacc
    » ID Wechat : Bolavita
    » ID Line : cs_bolavita

    Alternatif Livechat :
    1#Livechat Bolavita
    2#Livechat Bolavita

    Terkait Lainnya :
    » S128
    » SV388
    » CASINO
    » TARUHAN BOLA
    » SBOBET
    » CBET
    » NOVA88
    » TEMBAK IKAN
    » SLOT

    #sabungayam #aduayam #lagaayamonline #linkaja #aduayamfilipina #ayamonline #aduayamlive #lagaayamlive #gopay #ovo #linkaja88 #pulsa #bca #bri #bni #mandiri #permata #cimbniaga #danamon

    ReplyDelete

Post a Comment