Resep Bolu Kukus Gula Merah



Kue bolu kukus gula merah adalah salah satu kue kegemaran keluarga yang paling sering saya buat apalagi kalau ada acara seperti arisan, pengajian, hajatan, maupun cuma sekedar buat camilan sore hari.

Kue bolu kukus gula merah ini mudah sekali dibuat dan gak ribet karena gak perlu pakai mixer untuk mengocok adonannya. Selain itu juga anti gagal asal mengikuti aturannya. Bahan-bahannya juga sederhana dan mudah diingat jadi kalau sewaktu-waktu mau buat ini gak perlu lagi tuh buka buku resep.

Dulu saya juga pernah jualan kue bolu kukus gula merah ini dan selalu laris manis, penggemarnya terutama orang tua yang gak suka kue berbau telur. Karena kue bolu kukus gula merah ini memang sama sekali gak berasa bau amis dibanding kue bolu kukus mekar dengan soda.

Untuk yang mau mencoba yuk dilihat dulu resepnya..

Bolu Kukus Gula Merah

By. Siti Aisah

Bahan:
250 gram gula merah
250 gram tepung terigu
200 ml air (saya pakai 1 gelas air)
1 butir telur
1/2 sdt baking soda
1/2 sdt baking powder
125 ml minyak (saya pakai 1/2 gelas minyak)

Cara membuat bolu kukus gula merah:
1. Gula merah masih dalam plastik kemasannya ditumbuk menggunakan batu ulekan hingga hancur agar nanti cepat larut, bisa juga diparut/diserut tapi agak lama kalau menurut saya. Lalu tuang gula ke dalam panci tambahkan 200 ml air. Masak hingga mendidih dan gula larut, dinginkan lalu saring.

2. Siapkan panci kukusan tutupnya dibungkus dengan serbet, panaskan cetakan bolu kukus sebentar, saya buat beberapa kali dan jika cetakan dipanaskan terlebih dulu hasilnya lebih mekar dengan yang tidak dipanaskan walaupun adonannya sama.

3. Kocok telur dengan whisk lalu campur dengan minyak dan air gula, terakhir masukkan campuran terigu, baking soda dan baking powder aduk rata. Saya menggunakan mixer sebentar asal rata saja.

4. Tuang adonan kedalam cetakan yang sudah dialasi papercup. Tuang hingga penuh.

5. Gunakan api besar saat mengukus dan pastikan air dipanci kukusan sudah mendidih dan beruap banyak.

6. Jangan pernah membuka tutup panci kukusan selama memasak kurang lebih 25 menit, agar bolu kukus gula merah bisa merekah dengan cantik.

7. Angkat dan keluarkan dari cetakan.

Bolu kukus gula merah siap disajikan, jika untuk hantaran atau dijual lebih baik dibungkus satu persatu agar tekstur dan rasanya tidak berubah tetap lembut dan harum khas gula merah.

Selamat mencoba, jangan lupa lihat juga resep kue yang lainnya. Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya.

Lihat juga resep bolu gulung kukus sederhana

Comments