Wingko

Tadi buka kulkas ngeliat masih ada kelapa parut sisa bikin kue putri ayu, jadi mikir mau dibuat apa. Tepung terigu sama tepung beras tinggal dikit adanya tepung ketan putih, ya udah cari-cari di google resep dari tepung ketan putih dan kelapa. Pilihan jatuh kepada wingko.

Aku kan orang betawi asli jadi dari kecil emang gak pernah tau tuh sama yang namanya wingko. Paling ketemu wingko kalau dapat oleh-oleh dari tetangga yang pulang kampung. Itu loh yang pakai besek dari anyaman bambu trus wingkonya dibungkus kertas, kertasnya doang yang gede wingkonya kecil bingits, gede kemasan doang.

Setelah dewasa dan menikah dengan orang pemalang, aku baru mulai kenal dan suka sama wingko, waktu itu pulang kampung pas di terminal pemalang ada yang jual satu bungkus harganya 2000 rupiah kira-kira tahun 2010. Isinya tau deh lupa berapa biji. Akhirnya setiap pulang kampung yang aku cari ya tukang wingko itu, kadang beruntung bisa ketemu tapi keseringan sih gak pernah ketemu lagi sama penjual wingko. Emang bukan khas dari Pemalang kan wingko ini jadi rada susah kalau mau nyari oleh-oleh wingko paling adanya keripik pisang sama dodol, biasanya itu oleh-olehnya kalau pulang kampung.

Jadi penasaran juga sih pengen coba buat sendiri, kalau resep sih udah bertahun-tahun tuh disimpan dibuku tapi belum pernah dipraktekin. Berhubung hari ini ada bahan-bahannya sekalian aja lihat di cookpad pilihan resepnya. Ada yang pakai telur ada yang ngga jadi aku gak pakai telur soalnya inikan perdana dan aku mau bawain ibu aku, takutnya ibu gak suka kalau ada bau-bau telurnya. Aku juga belum tahu bedanya yang pakai telur sama yang ngga, nanti dicoba deh kapan-kapan yang pakai telur mungkin biar lebih empuk kali ya..

Ternyata bikinnya gampang banget cuma campur aduk-aduk dibulatkan lalu ditekan hingga pipih panggang di teflon, jadi deh.. Dan ternyata si kaka suka sama kue wingko ini. Cuma dia maunya yang agak gosong. Dikira kue kering kali ya pengen yang garing.

Resep wingko

By. Siti Aisah

bahan-bahan:

1 cangkir kelapa parut
200 gram tepung ketan putih
100 gram gula
Santan secukupnya

Cara membuat:
Campur kelapa parut, tepung ketan putih, gula pasir dan garam
Tuang santan sedikit demi sedikit sampai kalis dan adonan bisa dibentuk
Buat bulatan lalu pipihkan dan panggang di teflon dengan api kecil
Agar tidak cepat gosong bisa meletakkan loyang kue kering dibawah teflon
Angkat dan sajikan
Resep asli menggunakan 1 butir telur dan 2 sendok makan margarin.

Maaf ya penampakannya kue wingkonya kurang cantik maklum masih pemula😊

Comments