Resep Kue Putri Ayu



Kue putri ayu ini gak ada matinya dari dulu sampai sekarang, kue yang masih memiliki pesona dan gak akan bikin bosan buat pecinta kue-kue tradisional, meski kue jadul semacamnya sudah jarang kita temui tapi kue putri ayu ini masih sering muncul apalagi di jajanan pasar, acara arisan, selamatan, atau acara sejenisnya.

Kue putri ayu sebenarnya mirip dengan kue bolu dan sejenisnya cuma yang membedakan ada tambahan kelapanya itu dia yang bikin unik jadi ada perpaduan yang nikmat antara manis dan lembut dari kuenya bercampur dengan gurih dari kelapanya. Pokoknya rasanya bikin nagih gak cukup satu kalau makan kue putri ayu ini, itu menurut saya ya, doyan apa laper hehehe.. 

Karena kue putri ayu ini ada tambahan kelapa jadi kue ini tidak bisa untuk disimpan berhari-hari karena kelapanya akan terasa asam. Jika pengolahan benar dan kelapa dikukus terlebih dulu masih bisa untuk dua hari. Dulu saya pernah beli disuatu tempat kemasan sih masih cantik tapi begitu sampai di rumah dan hendak dimakan ada bau-bau aneh, memang belum bau asam tapi tetap saja kue basah semacam ini kalau terlalu lama maka baunya akan beda dengan kue yang masih fresh sudah tidak wangi kue lagi.

Berdasar pengalaman tersebut saya jadi tertantang tuh untuk bisa membuat kue putri ayu ini sendiri, soalnya keluarga saya di rumah suka sekali dengan kue ini, mereka lebih memilih kue putri ayu ketimbang cupcake.

Resep Putri Ayu:
By. Siti Aisah

Bahan-bahan:
2 butir telur
200 gram gula pasir
1/2 sdm SP/Ovalet/TBM
200 gram tepung terigu (saya 175 gram)
1/2 sdt baking powder (saya pakai Hercules bisa diskip)
200 ml santan kental ( satu bungkus kara dicampur air sampai jadi 200 ml)
pewarna hijau atau sesuai selera
Kelapa parut + garam secukupnya

Cara Membuat kue putri ayu:

1. Siapkan cetakan putri ayu oles dengan minyak
2. Panaskan panci kukusan dan alasi tutupnya dengan serbet
3. Campur kelapa parut dan garam lalu kukus 10 menit
4. Kocok telur sambil ditambah gula sedikit demi sedikit dengan kecepatan tinggi sampai putih dan mengembang masukkan Sp kocok sampai kaku
Turunkan ke speed paling rendah sambil dimasukkan campuran terigu dan baking powder sedikit demi sedikit bergantian dengan santan, beri pewarna aduk sebentar
5. Masukkan kelapa parut kukus ke dalam cetakan sambil ditekan-tekan lalu masukkan adonan sampai penuh
6. Kukus selama 10 atau 15 menit.
7. Setelah matang keluarkan dari cetakan
8. kue Putri Ayu siap dihidangkan.

Hasilnya cantik kan? rasanya juga enak, ada juga yang saya tambahkan sukade biar tampilannya lebih manis. 

Lihat juga resep bola-bola nasi disini.

Comments