Cupcake black forest


Ini cupcake black forest  yang aku buat pas gak ada cemilan di rumah minggu lalu, kebetulan juga lagi ada acara lamaran di rumah Nur tetangga aku, jadi sekalian deh aku bawain buat suguhan para tamu.

Biasanya kalau buat cupcake ini aku pakai resep cake coklat yang tanpa mikser tapi kali ini pengen coba resep lain jadi aku pakai resep black forest, asal muasalnya gak tahu nih resep punya siapa soalnya udah lama ada dibuku catatan aku dan aku gak tulis sumbernya dari mana. Buat yang merasa udah menciptakan resep ini makasih ya resepnya, enak. Oia itu telurnya aku kurangin resep asli 4 telur tapi karena cuma punya stok 3 jadi aku pakai 3 telur saja. Aku juga gak pakai coklat blok tapi ku ganti selai coklat.

Ini buatnya malam hari jadi bahan seadanya aja, malas mondar-mandir buat beli bahan udah pada tutup kali tokonya.

Untuk butter cream aku cuma pakai sedikit mentega putih mungkin 150 gram ditambah sedikit margarin 1 sendok makan, dikocok sampai putih dan mengembang, lalu tambahkan sirup gula dan susu kental manis. Sirup gula aku buat dari 1/4 gelas air dicampur dengan 1/2 gelas gula yang dimasak hingga gula larut lalu ditambahkan susu kental manis dan aduk cepat agar larutan gula tidak mengeras. Kocok buttercream sampai mengembang lalu bagi beberapa bagian dan beri pewarna makanan. Hias sesuai selera.

Resep Cupcake Black Forest:

3 butir telur
150 gr gula pasir
1 sdt SP
100 gr tepung terigu
40 gr coklat bubuk
1/2 sdt vanili bubuk
1/2 sdt baking powder
125 ml minyak goreng
25 gr coklat blok (ditim dengan minyak goreng)
Pasta black forest

Cara membuat:
Kocok telur dengan kecepatan tinggi sambil dimasukkan gula sedikit demi sedikit sampai putih dan mengembang lalu masukkan SP dan kocok hingga kaku
Masukkan bahan kering yang sudah diayak (tepung terigu, baking powder, coklat bubuk,vanili)aduk secara bertahap dengan kecepatan rendah, masukkan minyak goreng dan coklat blok(saya pakai selai coklat gak punya coklat blok) serta pasta black forest aduk balik dengan spatula.
Masukkan ke dalam kertas cupcake lalu kukus hingga matang kira-kira 25 menit, tes tusuk dengan tusuk gigi jika adonan tidak ada yang menempel di tusuk gigi berarti sudah matang. Hias dengan butter cream atau sesuai selera.

Nah kue cantik ini siap dihidangkan buat keluarga tercinta.

Comments