Bolu Karakter



Lagi-lagi yang dibuat bolu karakter ini, mumpung anak-anak lagi suka kue bolu karakter ini aku jadi keterusan deh sering banget buat kue bolu karakter ini, ribet sih emang harus dilukis satu persatu tapi seru pas lihat hasil jadinya dan anak-anak langsung pada suka ucul katanyakatanya alias lucu. 

Kadang meski gak ada plastik segitiga tetap aja tuh maksain bikin kue bolu karakter ini pakai plastik bungkusan ukuran seperempat kilogram. Jadi gitu deh ada aja bentuknya yang gak cantik. Mau buat doraemon kumisnya malah meleber gak jelas. Tapi tetap aja imut-imut dan suka lihatnya.

Sempat juga sesekali kalau lagi buat terlalu banyak aku titipkan tuh ke warung sayur dekat rumah harga persatuan 1500 rupiah. Kalau disini gak bisa jual mahal-mahal gak ada yang beli nanti. Itu isiannya aku pakai meses atau selai bluebery. Kalau anak aku sih lebih suka selai bluebery dan adonan Kuenya pakai pasta anggur jadi perpaduan yang pas, kalau atasnya sih terserah mau dikasih warna apa aja.

Kalau mau coba buat nih resepnya bolu karakter. 

Resep Bolu Karakter
By. Siti Aisah

Bahan A:
2 butir telur
110 gram gula pasir
1/2 sdt emulsifier SP/TBM/ovalet

Bahan B:
130 gram tepung terigu
10   gram tepung maizena
1/4 sdt vanili esence
1/2 sdt baking powder double akting

Bahan c:
70 ml susu cair

Cara membuat:

Kocok bahan A hingga mengembang dan berjejak, masukkan bahan b yang sudah diayak terlebih dahulu, masukkan bertahap bergantian dengan bahan c(susu cair), aduk balik dengan spatula.
Bagi adonan dalam beberapa mangkuk beri pewarna makanan sesuai selera.  Masukkan dalam plastik segitiga.
Selagi menghias bolu karakternya panaskan panci kukusan diatas kompor, tutupnya alasi dengan kain agar uap air tidak menetes ke dalam kue.

Siapkan cetakan cupcake dan alasi dengan kertas cupcake, masukkan satu sendok adonan lalu beri taburan meses atau selai, tutup lagi dengan satu sendok warna dasar yang yang hendak dibuat, misalnya minion gunakan warna kuning lalu buat kacamata dan mulut dengan warna hitam, tengah kacamata diisi warna putih baru diisi lagi dengan titik berwana hitam.

Jika sudah selesai semua kukus selama 10 menit atau hingga matang, apinya kecil saja ya.. Kalau apinya terlalu besar nanti jadinya bolu kukus mekar. Atau jika dirasa sudah 10 menit tapi belum matang semua, buka saja sedikit tutup pancinya agar sebagian uap keluar.

Segala sesuatu itu butuh proses, jadi jika pada percobaan pertama gambarnya masih beleber-beleber nanti setelah terbiasa anda akan mahir dengan sendirinya.

Lihat juga Kue Nampan Untuk Arisan

Comments