Bolu Gulung Kukus Sederhana



Dulu pernah mencoba menaklukan bolu gulung tapi yang dipanggang, tapi karena saya gak punya oven listrik dan cuma punya oven tangkring jadul alhasil gagal total, bolu gulungku bawahnya gosong tapi atasnya belum matang. Akhirnya sejak saat itu aku melupakan dan gak pernah mau coba lagi buat bolu gulung, lebih sering beli jadi tinggal makan murah pula harganya cuma sepuluh ribuan di Ngundi Rasa. 

Setelah bertahun-tahun berlalu dan aku lagi suka banget bikin kue yang dikukus karena lebih praktis dan lebih cepat, kalau pakai oven bawaannya panas aku takut kebakaran kalau nyium bau gosong oven. Akhirnya aku baru tahu kalau bolu gulung ada juga yang dikukus. Sekali eksekusi langsung berhasil dan akhirnya sekarang jadi keterusan.

Kebetulan hari minggu kemarin tetangga depan rumah lagi ada acara lamaran dan minta dibuatin kue 50 buah buat ditaruh di piring untuk tamu yang datang nanti. Ya itung-itung nolong tetangga aku sanggupin aja kebetulan waktu itu dia pernah nyobain bolu gulung buatan saya yang saya titip diwarung 1500 per potong dan dia suka jadi kali ini dia minta dibuatin bolu gulung sama kaya waktu itu.

Cuma aku itu orangnya gak tegaan ya masa iya sih 1500 kan kuenya juga kecil, jadi kali ini aku kasih harga 1000 aja itung-itung buat ganti modal bahan aja, sama tetangga gak boleh itung-itungan kan.

Aku buat 3 kali resep, satu aku kasih warna rainbow, yang kedua warna kuning hiasan love-love ga jelas, yang ketiga warna coklat motif garis-garis pink dan kuning. Aku pakai loyang kue kering ukuran 27 x29 jadi agak panjang bisa untuk 20 potong.

Eits bukan itu aja yang aku buat, aku juga kebetulan malam sebelumnya buat cupcake blackforest kukus jadi sekalian deh aku bawain 50 potong bolu gulung plus bonus cupcake black forest sepiring.

Karena masih ada waktu dan aku gak ada kerjaan kebetulan di freezer masih ada kelapa parut ya sudahlah sekalian aja aku mau bawain juga kue putri ayu kan sisanya bisa buat cemilan di rumah juga, kebetulan kakak amel suka banget sama putri ayu yang pakai kelapa rasanya lebih gurih perpaduan yang pas lah pokoknya, pernah buat yang ga pakai kelapa tapi rasanya kurang nikmat.

Resep Bolu Gulung Kukus
By. Siti Aisah

Bahan-bahan:
2 butir telur
8 sdm gula pasir
1/2 sdt emulsifier (SP/TBM/Ovalet)
8 sdm tepung terigu
1/2 sdt baking powder
40 ml susu cair
40 ml minyak goreng
1 sdt vanili bubuk
pewarna makanan sesuai selera

Cara membuat bolu gulung kukus:

1.Kocok gula dan telur dengan kecepatan tinggi hingga mengembang dan berwarna putih masukkan SP lalu kocok hingga kaku

2.Masukkan campuran terigu dan baking powder sambil diayak kocok dengan kecepatan rendah masukkan bergantian dengan susu cair

3.Terakhir masukkan minyak aduk balik dengan spatula

Siapkan loyang bolu gulung aku pakai loyang kue kering ukuran 24 x 29 cm alasi dengan kertas roti dan oles dengan minyak/mentega
Sisihkan beberapa sendok adonan untuk diberi warna sesuai corak yang diinginkan, sisanya beri warna dasar yang diinginkan lalu tuang ke loyang ratakan, adonan yang beberapa sendok tadi beri beberapa warna lalu buat corak yang diinginkan bisa bunga-bunga, batik, garis-garis bisa juga taburi dengan sukade lalu kukus selama 15 menit
Setelah 15 menit matikan api dan keluarkan loyang dari panci kukusan diamkan sebentar sampai tidak terlalu panas
Tutup kue dengan kertas roti, aku pakai kertas nasi lalu balik loyang diatas nampan.
Gulung kue dengan cara menggulung kertas nasinya perlahan lalu diamkan 10 menit
Buka gulungan kue lalu lepas kertas roti yang menempel dikue (kertas roti yang jadi alas waktu mengukus), olesi dengan isian bisa selai atau butter cream dan gulung kembali masih dengan bantuan kertas nasi.
Diamkan sebentar bisa juga disimpan dulu di kulkas sampai gulungan merekat dengan sempurna, dan bolu gulung kukus sederhana sudah bisa dipotong dan dihidangkan.

Baca juga resep bolu karakter disini.

Comments