Bola-bola Nasi


Ngga yang tua ngga yang muda semuanya pasti suka ngemil, kaya dirumah aku anak dan suami suka banget ngemil, apalagi pas hujan, dingin-dingin bawaannya bikin laper. Tapi disuruh makan nasi gak mau, maunya ngemil. Bosen kali ya soalnya keseringan saya masaknya sayur bayem kalau ngga soto ayam. Maksud hati sih biar semuanya bisa makan, kalau masak yang pedas atau berbumbu tajam biasanya dede Bila gak mau makan jadi males deh udah masak capek-capek tapi gak mau makan. Jadi pilih menu yang semuanya pada suka aja.

Berhubung nasi masih banyak di magic com dan ada ayam yang tadi dibuat soto jadi punya ide deh mau buat bola-bola nasi, buat ganjal perut di sore hari karena malas makan nasi, padahal ini nasi juga ya.. Tapi si kakak Amel bilang ini rasanya mirip chicken nugget jadi ga berasa makan nasi.

Membuat bola nasi ini gampang kok, bahannya juga gak susah, tapi lebih enak kalau pakai jamur ya.. Pernah bikin yang gak pakai jamur si kakak bilang lebih maknyus yang pakai jamur bola nasinya kaya nugget beneran, chicken nugget kan dari ayam giling ya bukan dari jamur tapi kenapa rasanya mirip ya..


Resep Bola bola Nasi

Bahan-bahan:
Sepiring nasi
Bawang merah dan bawang bombay secukupnya
Satu buah wortel parut kasar
Jamur merang secukupnya
1 butir Telur
Merica bubuk secukupnya
Garam secukupnya
Penyedap rasa secukupnya
satu tangkai daun seledri/ daun bawang 

Bahan pencelup:
Telur
Tepung roti

Cara membuat Bola-bola nasi:

Tumis bawang merah dan bawang bombay sampai harum
Tambahkan wortel, jaun dan daun seledri  masak hingga layu,
Masukkan nasi dan telur aduk rata, tambahkan lada ,garam dan bumbu penyedap, matikan api
Bulat-bulatkan nasi menggunakan sendok atau tangan lalu celupkan dalan kocokan telur dan bulirkan dalam tepung roti. Bisa dimasukkan freezer dulu agar tepung rotinya bisa merekat sempurna tapi karena saya mau langsung dimakan jadi langsung digoreng saja tidak dimasukkan ke freezer. Goreng sampai coklat keemasan.

Nah jadi deh bola-bola nasinya, mudah dan cepat membuatnya, lumayan untuk memberdayakan nasi yang tidak habis di magic com daripada dibuang kan mubazir.

Lihat juga resep bolu gulung kukus 

Comments