Apem Nasi



Salah satu kue yang sering kubuat disaat ada kelebihan stok nasi di magic com. Apem nasi, kue yang empuk menul-menul dengan rasa yang enak.

Pertama kali buat kue apem nasi  ini buat iseng-iseng aja daripada nasi dibuangin melulu kan mubazir jadi aku buat kue apem nasi ini terus aku bagi-bagi ke tetangga ke rumah ortu dan kakak. Ternyata pada suka rasanya mirip kue mangkok. Bedanya kalau kue mangkok pakai tape singkong kalau apem nasi ini ya pakai nasi yang adonannya difermentasi.

Pas arisan RT juga aku buat kue apem nasi ini, Ibu-ibu arisan pada suka malah sampai ada yang pesan 60 pcs buat acara pengajian. Alhamdulillah, kue buatanku jadi suguhan buat ibu-ibu pengajian semoga jadi berkah,

Kue apem nasi itu resepnya  gampang banget dan mudah diingat. Jadi gak perlu bawa-bawa buku resep kalau mau buat kue apem nasi ini.

Resep apem nasi
By. Siti Aisah

Bahan-bahan:
1 gelas nasi
1 gelas tepung terigu
1 gelas tepung beras
1 gelas gula
1 gelas santan
7 gram/ setengah bungkus  ragi instan Fermipan

1 sdt baking powder
1/2 sdt garam

Cara membuat:
1.Blender nasi dengan santan 
2. Masukkan dalam wadah tepung terigu, tepung beras, gula, baking powder dan garam lalu tuang nasi yang sudah diblender aduk rata tambahkan fermipan aduk rata dan diamkan selama satu jam.
3. Panaskan panci kukusan
4. Siapkan cetakan mawar dan oles dengan minyak
5. Bagi adonan menjadi tiga bagian dan beri warna berbeda merah, kuning dan hijau atau sesuai selera
6. Masukkan satu sendok makan adonan merah sambil dimiringkan sedikit agar tidak menutupi semua dasar cetakan, langsung disi warna hijau dan warna kuning sehingga kelopak mawarnya ada tiga warna.
7. Setelah selesai semua kukus sampai matang kira-kira 20 menit.

Keluarkan dari cetakan dan tata di atas piring, siap disajikan.

Mudah kan membuatnya rasanya juga enak, terutama buat orang tua yang kurang suka cake berbau telur maka kue apem nasi ini bisa jadi cemilan yang pas. Soalnya ibu aku juga suka banget kue ini dibandingkan dengan bolu berbahan dasar telur yang dipanggang.



Comments