Resep Bolu Karakter


Hari kamis seminggu yang lalu si kakak dan teman-temannya minta tolong dibuatkan kue bolu karakter ini, katanya sih buat tugas pelajaran IPS Ekonomi, suruh jualan gitu deh ceritanya, biar mereka bisa belajar berapa modal dan berapa keuntungan,saya juga gak tahu sih gimana penjelasannya, tugas saya kan cuma bikin bolu karakternya aja.


Ya udah yuk kita eksekusi saja bolu karakternya, bahannya sederhana aja kok dan murah meriah, hasilnya juga lumayan banyak sekitar 30 pcs kalau ngga salah ya... Waktu itu saya buat 2 kali resep jadinya 60pcs, buat dibawa ke sekolah 50 pcs, yang 10 pcsnya buat diicip-icip sama kakak dan dede Nabila. Saya pakai loyang cupcake isi 12 lubang.

Resep Bolu Karakter
By. Siti Aisah

Bahan-bahan:
250 gram tepung terigu
250 gram gula pasir
3 butir telur
1 sdt SP/TBM/Ovalet
230 ml susu cair
1 sdt vanili
pewarna makanan sesuai selera
meses untuk isian/filling


Cara membuat Bolu Karakter:

1. Panaskan panci kukusan, tutupnya dibungkus dengan kain atau serbet agar airnya tidak menetes ke dalam panci. Siapkan loyang cupcake alasi dengan papercup.

2. Masukkan telur dalam wadah lalu kocok hingga mengembang sambil dimasukkan gula sedikit demi sedikit tambahkan SP dan terus kocok sampai putih kental, adonan meninggalkan jejak dan jika gagang mikser diangkat adonan seperti jambul tapi tidak jatuh.

3. Masukkan terigu dan vanili yang sudah diayak sedikit demi sedikit bergantian dengan susu cair sambil dikocok dengan kecepatan rendah, tidak usah terlalu lama mengocoknya nanti adonan turun lagi alias bantet.

4. Bagi adonan menjadi beberapa bagian lalu beri warna sesuai selera, sisakan bagian putih lebih banyak, masukkan dalam plastik segitiga untuk setiap warna, kalau saya bagian yang putih tidak saya masukkan dalam plastik segitiga tapi pakai sendok saja.

5. Masukkan adonan putih setengah bagian cetakan lalu isi dengan meses dan tutup lagi dengan warna dasar yang diinginkan misalkan untuk strobery kita isi warna pink, lalu hias dengan warna hijau untuk daunnya dan buat titik-titik dengan warna putih atau hitam.

6. Jika sudah selesai dihias semua bolu karakternya masukkan ke dalam panci kukusan, kukus kurang lebih 10-15 menit dengan api kecil, jika apinya terlalu besar nanti bisa merekah seperti bolu kukus mekar.

7. Kue bolu karakter yang sudah matang didinginkan lalu kemas dalam plastik atau wadah kedap udara agar tetap lembut.

Jadi deh bolu karakternya, rasanya lembut dan enak. Selain itu gambarnya juga bikin anak-anak gak bakal nolak kalau disuguhin ini.

Comments