Resep Bolu Gulung Kukus Lembut Irit Bahan

bolu gulung kukus

Tadi sore hujan deras banget jadi males kemana-kemana tapi bawaannya nih perut laper, pengennya ngemil melulu, akhirnya cari-cari resep di cookpad dan ketemu resep bolu gulung kukus ini, bahannya murah meriah, berhubung diluar masih hujan dan bahan yang terbatas jadi saya sesuaikan saja dengan bahan yang ada, malas keluyuran buat beli bahan lagi takut banyak geluduk alias petir. Jadi langsung aja yuk kita eksekusi resepnya. 

Resep Bolu Gulung Kukus
By. Siti Aisah

8 sdm tepung terigu
2 butir telur
8 sdm gula pasir
1/2 sdt SP/TBM/Ovalet
3 sdm mentega dicairkan (saya tambahkan butter sedikit)

Cara membuat bolu gulung Kukus:
1. Masukkan mentega ke dalam gelas lalu taruh dalam magic com sampai cair
2. Siapkan panci kukusan, tutupnya dibungkus kain serbet supaya airnya tidak menetes ke atas permukaan kue saat di kukus.
3. Siapkan loyang persegi panjang, saya gak punya loyang bolu gulung jadi saya pakai loyang buat kue kering ukuran 24 x 29 cm makanya kuenya jadi lebih mungil karena lebih panjang hasil jadinya 15 potong, jangan lupa alasi kertas roti dan oles dengan mentega.
4. Kocok telur dimulai kecepatan sedang lalu naikkan ke kecepatan tinggi sambil dimasukkan gula sedikit demi sedikit, tambahkan sp sambil dikocok sampai mengembang, yaitu adonan meninggalkan jejak dan tidak jatuh saat gagang mikser diangkat.
5. Masukkan tepung terigu sambil diayak kocok sebentar dengan kecepatan rendah.
6. Masukkan mentega cair (Resep asli menggunakan 1 sachet susu kental manis dicampur 40 ml air dan 40 gr margarin) aduk balik dengan spatula, saya ngga bisa rata kalau pakai spatula jadi saya pakai mikser kocok sebentar dengan kecepatan rendah.
7. Ambil sedikit adonan lalu campur dengan coklat bubuk. Sisa adonan saya kasih pasta pandan sedikit kalau kebanyakan wanginya kurang enak kalau menurut saya.
8. Masukkan adonan hijau ke dalam loyang yang sudah dialasi kertas roti dan disemir mentega.
9. Masukkan adonan coklat ke dalam piping bag gunting sedikit ujungnya lalu buat motif sesuai selera, kalau saya buat beberapa garis diagonal dari arah kiri dan kanan lalu tengahnya dikasih titik polkadot gitu. Pas sudah matang jadi melebar kok garis dan polkadotnya.
10. Kukus hingga matang kurang lebih 20 menit.
11. Selagi hangat balik kue di atas kertas roti dan gulung diamkan sampai dingin kira-kira 15 menit.
12. Buka gulungan kue lalu kelupas kertas rotinya dan olesi permukaan kue dengan selai dan buttercream, lalu gulung kembali. Saya bungkus sebentar dengan kertas roti yang digunakan untuk menggulung tadi, diamkan sampai padat. Potong sesuai selera.

Selesai deh resep bolu gulung kukus sederhana yang mudah dan murah meriah, rasanya juga enak dan lembut banget. Anak-anak saya aja suka banget langsung di serbu.

Comments