Kue Nampan Untuk Arisan

Bulan lalu saya kebagian jatah jadi tuan rumah arisan RT. Sebenarnya saya paling jarang tuh ikut arisan beginian yang pakai acara makan-makan dan ngerumpi. Saya lebih suka ikut arisan di warung sayur dekat rumah tinggal setor aja perbulannya dan menunggu nama kita yang keluar dalam kocokan, selesai gak pakai ribet ada acara masak-memasak segala.

Tapi yang namanya kita makhluk sosial gak enak juga kan kalau ngga berbaur dengan sesama, kalau saya selalu menghindar dari acara semacam ini nanti dikira sombong jadi mau tak mau saya setuju saja lah kalau harus menjadi tuan rumah.

Saya sebenarnya gak tahu biasanya apa aja yang disuguhkan dalam arisan RT ini, soalnya setiap bulan saya gak pernah dateng selalu nitip sama kakak ipar saja, biasanya dede Bila yang selalu saya jadikan senjata untuk alasan, saya bilangnya Nabilanya lagi bobo siang dan gak mungkin ditinggal, padahal belum tentu lagi bobo juga paling lagi nonton TVTV sambil tiduran. 

Saya sempat tanya-tanya ke tetangga sebelah dan ke kakak ipar saya juga biasanya apa saja yang disuguhkan dalam acara arisan RT. Mereka bilang sih keseringan lontong dan gorengan, sebenarnya dulunya ada acara makan-makan kaya prasmanan gitu cuma karena semakin ke sini harga bahan masakan di pasar semakin mahal jadi ada kebijakan tidak usah ada prasmanan cukup kue-kue saja. Okelah kalau begitu kalau cuma kue sih saya siap banget, saya kan emang hobi buat kue, tapi kalau masak-memasak saya nyerah saya gak bisa masak cuy.. paling sering masak sayur bayam buat si dede, bisa sih masak tapi gak jago dan gak bisa yang ribet-ribet, apalagi kalau harus masak buat orang banyak, saya takut orang-orang gak sreg sama masakan saya, kan ada yang bilang meski resepnya sama tapi beda tangan akan beda rasanya. Bumbu uleg sama blender aja bisa beda rasanya. Karena itu saya gak mau tuh kalau suruh masak-memasak untungnya ini cuma kue.

Saya sudah menulis di list kue apa saja yang mau saya buat, ada kue apem, bolu kukus gula merah, cake coklat potong, putri ayu, sama ice cream home made, Sebenarnya kan ada dua orang yang dapat arisan, jadi saya kebagian buat kue yang manis-manis, dan Ibu Diana kebagian buat cemilan asin.

Kalau es krim saya buat sehari sebelumnya soalnya kan harus dibekukan dulu baru dikocok lagi dengan emulsifier yang sudah di tim, baru dimasukkan dalam cup es krim. Kalau kuenya saya buat pagi harinya habis acara cuci mencuci baju selesai, kira-kira jam 7 pagi saya mulai buat bolu kukus gula merah, dilanjut dengan cake coklat, lalu kue apem dan terakhir putri ayu. Untungnya si Dede Bila anteng bisa ditinggal dikamar sambil di setelin acara kesukaannya. Suer... ini kejar tayang banget, semua harus sudah siap sebelum jam 12 siang. Dan untunglah semua selesai tepat waktu tapi saking sibuknya sampai gak sempat foto-foto, gak kepikiran kesitu, saya cuma mondar mandir menyuguhkan kue nampan untuk ibu-ibu sambil momong Dede Bila yang gak bisa diam kalau ada tamu, nih anak cari perhatian kali yee..

Untuk resepnya saya akan posting di kesempatan berikut ya bun.. Ini saya kasih lihat fotonya aja dulu, oia ini es krim homemadenya lupa di foto, sampai sudah habis duluan pada doyan atau laper ya.. Tapi gak apa-apa lah yang penting acara membuat kue nampan berlangsung sukses dan laris manis. Kue asinnya juga gak sempat di foto soalnya datang belakangan pas acara sudah mau dimulai.

Comments