Resep Nastar Nanas

nastar nanas

Pada kesempatan kali ini saya mau berbagi resep nih, resep kue nastar nanas yang saya praktekkin pas lebaran kemarin. Saya baru pemula dalam membuat kue nastar nanas ini. Dulu waktu tinggal di kebon pala UKI sering ngeliatin kalau saudara-saudara saya buat kue nastar tapi belum pernah coba sendiri, saya cuma bantu mencetak kuenya aja. Pas udah punya rumah sendiri baru berani deh nyoba-nyoba resep, klo sendirian kan gak ada yang ngetawain kalau gagal. Langsung aja yuk diintip resepnya. Saya juga lupa ini dapat resep dari mana, soalnya saya suka ngumpulin resep ada yang ditabloid di kliping gitu, ada yang dibuku juga tulis dengan tangan jadi gak tahu deh nih resep asalnya dari mana.

Resep Nastar Nanas
by. Siti Aisah

500 gram tepung terigu protein rendah
100 gram maizena
1 sachet susu bubuk full cream
150 gram gula bubuk
400 gram margarin
3 kuning telur
2 kuning telur untuk olesan
Selai nanas untuk isi

Cara membuat:
1.Dalam wadah masukkan margarin dan gula halus aduk menggunakan spatula asal rata saja lalu tambahkan kuning telur, aduk rata. 
2. Ayak tepung terigu, maizena dan susu lalu masukkan ke dalam adonan tadi, aduk rata. 
3. Membuat adonan nastar tidak usah diaduk terlalu lama nanti hasilnya akan sedikit keras. Asal bahan sudah tercampur rata dan sudah bisa dibentuk sudah cukup. 
4.Apabila adonan terlalu lembek masukkan dulu di lemari es soalnya kalau ditambahkan terigu nanti kuenya jadi keras.
5. Bentuk adonan sesuai selera kalau saya bentuk bulat lonjong lalu diisi selai nanas dan diberi garis-garis pakai garpu biar lebih mirip nanas kasih daun baru dioles kuning telur,  jadi deh nastar nanas, tapi daunnya terbalik ga mirip nanas hehehe
6. Panggang di dalam oven yang sudah dipanaskan, kalau saya gak ada pengatur suhunya soalnya pakai otang jadul jadi dikira-kira aja panasin kompor sebentar dan memanggangnya pakai api kecil aja.
Waktu pemanggangan tergantung oven masing-masing ya pokoknya di cek-cek aja soalnya saya ngikutin resep 20 menit ternyata ada yang gosong saudara-saudara, jadi harus sering ditengok tuh.

Dengan resep yang sama saya bikin 2 resep Cuma yang pertama karena terigunya kurang 1 ons dan warung-warung masih pada tutup (masih pagi bingits soalnya habis sahur pada molor kali) jadi hasilnya agak beleber gitu padahal pas lagi dicetak cantik bingits imut-imut montok gimana gitu eh pas dipanggang nastar nanasnya jadi melebar kesamping dan gede-gede bingits tapi lebih empuk, Cuma pas ditata ditoples dan mau dipindah ke toples lain nastar nanasnya jadi gak bagus kayak ada remah-remahnya gitu. Jadi kalau mau bikin kue bahan-bahannya disiapkan sesuai takaran aja yah. Oh ya maizenanya saya juga dikit aja diganti terigu soalnya denger-denger kabar kalau maizenanya kebanyakan juga bisa bikin kue cepat berjamur, gak tahu sih itu mitos atau fakta.
nastar nanas

Oke deh selamat mencoba..!

Comments