Cara Mengobati Luka Bakar

Pada tanggal 15 agustus lalu tepatnya dua hari menjelang HUT RI. Terjadi bencana di dapur saya. Yang sampai saat ini membuat saya sedikit trauma dengan goreng-menggoreng. Hal yang membuat saya menyesal harusnya kalau buat cemilan itu secukupnya aja gak usah disimpan dikulkas sisa adonanya daripada bikin celaka kaya gini. Sehari sebelum kejadian saya  membuat cimol dan berhasil dengan sukses tapi karena udah mau magrib jadi saya buat separuhnya saja. Sisa adonan saya masukin kulkas. 

 Saya baru sempat mengeksekusi adonan cimol yang ada di kulkas pada keesokan harinya. Karena sudah dingin dan setengah beku akhirnya saya masukkanlah tuh adonan ke magic com pikir saya cimol itu kan pas lagi hangat membuat adonannya. Setelah agak hangat saya bulat-bulatkan dan saya masukkan satu per satu ke panci yang berisi minyak goreng di atas kompor dengan api kecil. Tak ada rasa cemas diawalnya karena biasanya juga aman aman saja, dengan santainya saya  membulat-bulatkan sisa adonan di piring. 

Pas saya tengok cimol sudah matang saya bergegas mau mengangkatnya tangan kiri pegang saringan kawat tangan kanan pegang sodet tetapi waktu dibolak-balik tuh cimol dan hendak diangkat tiba-tiba... Duz!!! Duar!!!! Duar!!!!  cimol satu persatu berloncatan ke atas. spontan saya langsung menghindar dan melongok ke si Nabila di ruang tv, untungnya dia ga nyamperin ke dapur, dia cuma bengong sambil ngeliatin emaknya bikin kegaduhan didapur, untung dia gak ketakutan dan gak menghampiri saya ke dapur cuma bengong aja tuh sambil menonton masha dan sesekali ngeliatin saya dengan tersenyum dikira emaknya lagi bikin atraksi petasan kali ya... Sambil setengah panik saya langsung matiin kompor dan langsung ngambil ember dan lap pel buat membersihkan minyak yang terciprat kemana-mana. 

Setelah selesai mengepel lantai saya baru sadar ternyata panci yang buat goreng cimol udah gak ada ditempatnya saya celingak celinguk gak ada dimana-mana sampai beberapa menit baru ketemu tuh panci ada di bawah meja. Subhanallah ternyata ledakannya dahsyat juga sampai bikin panci loncat  dan minyaknya tak bersisa semua terciprat ke lantai dan langit-langit dapur. Mungkin karrna tadi masih panik saya ga mikirin diri sendiri  justru sibuk beresin dapur saya gak mau ada yang tahu kalau sudah terjadi perang disini. 

Setelah dapur bersih dan gak licin lagi lantainya saya baru sadar kalau tangan saya terasa sangat panas. Saya langsung ke kamar mandi mendinginkan tangan saya dengan air keran selama beberapa menit. Tapi setelah efek dari air menghilang kembali teras sangat panas. Saya sampai beberapa kali bolak balik mengaliri tangan saya dengan air keran.


Saya menyempatkan searching Cara Mengobati luka bakar di google. Ada beberapa yang disarankan diantaranya:

1.Susu/Yoghurt

Susu yang digunakan untuk mengobati luka bakar adalah susu yang bebas dari lemak seperti susu skim. Cara bersihkan dulu luka bakar dengan alkohol lalu siram susu tersebut ke bagian kulit yang terbakar dan diamkan beberapa saat agar nutrisinya menyerapke dalam kulit.

2. Mentimun dan kentang

Kentang dan mentimun bisa untuk mengobati luka bakar karena mampu menyerap rasa panas pada kulit yang terbakar. Caranya siapkan dua buah mentimun dan 2 buah kentang yang masih segar cuci bersih lalu haluskan. kemudian oleskan pada bagian kulit yang terbakar, diamkan sampai meresap dan megering.

3. Madu

Madu untuk mengobati luka bakar adalah madu murni bukan madu yang dicampur bahan-bahan lain. Caranya adalah dengan mengoleskan madu murni tersebut ke bagian yang terkena luka bakar. Diamkan sampai meresap dan mengering.

4. Liada buaya

Lidah buaya dapat menyerap rasa panas pada luka bakar dan membantu mempercepat pemulihan jaringan pada kulit yang mengalami luka bakar. Caranya dengan mematahkan lidah buaya dan oleskan gel lidah buaya pada bagian kulit yang terkena luka bakar. Lakukan secara rutin.

5. Lavender

Lavender yang akan kita gunakan adalah lavender dalam bentuk minyak caranya adalah dengan mencampurkannya dengan lidah buaya lalu dioleskan ke bagian yang terkena luka bakar.

6. Kulit Pisang

Cara penggunaan kulit pisang untuk luka bakar adalah dengan cara menggosokkan kulit pisang ke luka bakar sampai warna kulit pisang berubah yang artinya kandungan nutrisi dalam kulit pisang menyerap ke dalam kulit.

7. Cuka
Cara penggunaannya adalah dengan caramenuangkan cuka ke kapas lalu kompreskan pada bagian kulit yang terbakar. Lakukan terus menerus sampai kapasnya mengering.

8. Noni Juice

Caranya adalah dengan menyiapkan noni juice dan handuk kecil, basahi handuk kecil dengan noni juicedan dikompreskan ke bagian yang terkena luka bakar. lakukan secara rutin.

9. Daun Mint

Caranya adalah dengan cara menghaluskan dau mint lalu dioleskan ke bagian yang terkena luka bakar.

10. Daun Pare
Cara adalah dengan menghaluskan daun pare yang masih segar dan sudah dicuci bersih lalu. Daun pare yang sudah dihaluskan tadi dicampur dengan tepung beras dan sedikit air hangat. Gunakan untuk mengolesi luka bakar.

11. Teh Hijau
Caranya adalah dengan menyeduh daun teh hijau, lalu basahi handuk kecil dengan larutan teh hijau tersebut dan gunakan handuk kecil yang sudah dibasahi denganteh hijau untuk mengompres luka bakar.

Kebetulan yang ada dirumah saat itu cuma cuka dapur yang warna putih. Akhirnya saya memilih cuka untuk mengobati luka bakar saya dengan cara mengompreskan cuka ke bagian yang terkena luka bakar menggunakan kapas. Karena merah2nya yang kena cipratan minyak ada banyak saya sempat kerepotan juga nempel-nempelin kapasnya. Lumayan ketika pakai cuka rasa panasnya agak berkurang. Waktu suami pulang saya cuma cengar cengir dan mengatakan kalau habis ada perang di dapur dan ini luka bekas perang itu sambil nujukin kedua tangan yang penuh kapas. Suami cuma bilang Alhamdulillah masih untung kena tangan doang gimana kalau kena muka. Atau malah sampai kebakaran atau kalau anaknya kena minyak juga. Dan suami cuma nasehatin
lain kali hati-hati.


Semenjak saat itu saya gak mau bikin cimol lagi walaupun percobaan pertama dan kedua berhasil tapi yang 
ketiga menjadi bencana disitu saya jadi kapok. Bencana itu terjadi bisa jadi karena minyak terlalu panas jadi cimol meletus atau mungkin karena adonannya dari kulkas dan dhangatkan di magic com kalau tau akan meletus tadi tuh adonan dibuang saja ya..




Berlanjut ke cara mengobati luka bakar ternyata setelah beberapa jam dikompres dengan cuka ada efek yang saya rasa jadi terasa gak terlalu nyeri dan gak menggelembung. Soalnya dibagian lengan atas dan diibu jari saya yang gak di kompres cuka itu jadi menggelembung gitu kaya ada cairannya. Jempol saja jadi terasa kaku dan gede banget bentuknya jadi aneh deh karena ruas ibu jarinya bengkak bengkak. 




Nah pada saya yang sudah dikompres cuka ada beberapa warna yang berbeda-beda ada yang pink, agak merah dan ada yang bagian dalamnya agak kebiruan ini sepertinya bersentuhan dengan cimol yang meledak waktu mau diangkat tadi. Pada akhirnya nanti bagian bekas luka yang awalnya kebiruan setelah dikompres cuka ini akan berbekas warna pink dan lama-lama menjadi warna putih dan susah dihilangkan mungkin ini yang namanya luka bakar tingkat 3. 




Kita berharap setelah terkena luka bakar yang memerah atau pink itu akan hilang begitu saja seperti memar kepentok meja. Ternyata tidak saudara-saudara. Luka bakar yang kemerahan itu lama-lama akan semakin gelap dan menghitam lalu mengering dan terkelupas lalu berbekas, ada yang berbekas hitam, kemerahan atau pink. Untuk yang bekas lukanya hitam saya menggunakan melanox dan alhamdulillah sekarang sudah memudar. Tapi yang bekas lukanya merah kayak belang gitu gak bisa pakai melanox saya cuma pakaikan minyak zaitun dan sekarang masih berbekas agak putih gitu. Sekarang saya lagi coba pakai propolis tapi belum keliatan hasilnya sih. Yah yang namanya pengobatan secara alami memang akan membutuhkan waktu lebih lama untuk menyembuhkannya.     

Demikian sekilas tentang cara mengobati luka bakar. Semoga bermanfaat bagi anda yang sedang membutuhkan informasi bagaimana cara mengobati Luka Bakar.


Comments