Cara Membuat Tempat Perhiasan atau Aksesoris dari Kotak Sepatu

Tempat Perhiasan atau Aksesoris dari Kotak Sepatu

Kali ini saya akan memberikan tutorial cara membuat tempat perhiasaan atau aksesoris  dari kotak sepatu. Sebelumnya saya menyimpan aksesories di tempat aksesoris yang digantung itu loh namanya hanging jewelry organizer, klo ga salah beli di tokopedia murah meriah 20 ribuan. Bagian depan buat aksesoris bagian belakang buat kalung-kalung gitu. Ini aksesoris punya kakak Amel, cuma karena kelamaan gak diurus waktu aku lihat kok jadi agak kusam gitu maklum anak abg maunya make doang tapi gak dirawat tuh aksesoris. Apakah karena debu atau karena memang kurang dirawat harusnya kan perhiasaan/aksesoris itu sesekali dicuci juga biar kinclong. Tapi ini kok jadi kaya hampir berkarat mungkin karena cuaca juga kali ya ditempel ditembok jadi lembab alhasil aksesorisnya juga ikut kusam. Maklum kalung imitasi jadi gitu deh kena minyak wangi aja bisa rusak warnanya, itu kata yang jualnya tapi ada juga penjual yang bilang gak akan karatan soalnya ini titanium  kaya mas putih, titanium bukannya yang di film spiderman itu ya.. salah ngomong kali tuh si abang.

Jadi daripada mubazir aksesoris imitasinya dibiarin berkarat mending kita buatkan tempat yang lebih aman. Kebetulan si kakak habis beli sepatu dan ada kotaknya ya udah dimanfaatin aja yuk kita buat Tempat Peerhiasan atau Aksesoris dari Kotak Sepatu. Langsung aja deh beli kertas kado 4 lembar. Siapkan juga lem kertas dan gunting juga penggaris dan pensil.

Pertama-tama bungkus semua bagian kotak sepatu dengan kertas kado. Kotaknya di kasih lem kertas biar rapi. Pertama yang kita bungkus bagian luarnya dulu trus sisi-sisi kertas yang berlebih dilipat ke dalam. Nah baru merapikan bagian dalamnya, bagian dalamnya juga ditutup dengan kertas kado. Jangan lupa tutup kotak sepatunya juga dibungkus dengan kertas kado ya biar lebih oke.

Sekarang kita ukur kotaknya. Yang punya saya ini lebarnya 15 cm lebih dikit dan panjangnnya 26 cm. jadi saya buat kotak-kotak kecilnya ukuran 5 x 5 cm. Jadi dalam kotak sepatunya nanti ada 15 kotak-kotak kecil.

Cara membuat kotak kecilnya pakai cover buku tulis bekas atau kertas apa saja yang sedikit tebal. Di kertas itu kita bisa buat garis-garis sesuai ukurannya biar nanti lebih mudah melipat-lipat sisi kotaknya.
bagan kotak kecil
Sebelah kiri 3 cm tengah 5 cm dan kanan 3 cm. Ini kotak dengan ukuran 5 x 5 cm dan tinggi 3 cm. yang saya kasih warna biru itu digunting buat melipatnya menjadi kotak. 
melipat kertas
Lipat bagian yang ditandai dengan pulpen, gunakan penggaris agar rapi lipatannya.
Bagian yang digunting dilipat ke dalam agar terbentuk kotak lalu rekatkan dengan lem/solasi/staples. Lakukan pada kedua sisi.
Jadi deh kotaknya ukuran 5 x 5 cm dengan tinggi 3 cm.

Setelah membuat kotak kecilnya langkah selanjutnya adalah membungkusnya dengan kertas kado biar lebih cantik. Potong kertas kado dengan lebar 5 cm. lalu tempelkan ujung kertas kado dibagian dalam kotak. lalu tutupi kotak yang bagian atas dan belakang sampai kembali lagi ke sisi disebelahnya lalu gunting dan tempel ujungnya dengan lem. Sisa kertas yang tadi kita selipkan dibagian belakang kotak lalu lem tutupi bagian yang belum terbungkus itu sampai kembali lagi kebelakang lalu lem. Atau kalau sulit dimengerti cara membungkus ala saya ya udah suka-suka kalian aja mau membungkusnya pakai cara yang bagaimana pokoknya tuh kotak terbungkus kertas kado.

 Setelah jadi semuanya tinggal disusun aja dikotak sepatunya. Untuk dibagian atasnya sesuai kebutuhan yang dipelukan mau buat yang kotak-kotak kecil lagi atau yang panjang seperti yang punya saya ini.
tempat perhiasan dari kotak sepatu



Nah sudah jadi deh Tempat Perhiasan atau Aksesoris dari Kotak Sepatu. Maaf ya kalau kata-katanya sulit dimengerti saya juga bingung gimana menjabarkannya. Yang jelas dipraktekin aja dulu kalau sudah terbiasa akan tahu juga cara bungkus membungkus ala kalian sendiri.

Silakan kalau ada yang mau ditanyakan tulis di komentar. 
   

Comments