Cake Coklat Sederhana Irit Telur Tanpa Mixer

cake coklat sederhana

Pada kesempatan kali ini saya mau menulis resep Cake Coklat Sederhana irit telur tanpa mikser yang gampang banget buatnya. Sengaja cari yang tidak perlu pakai mikser karena kebetulan mikser saya lagi rusak. Dan seperti biasa juga kalau lagi hari libur si kakak dan si papa maunya dibuatin cemilan. Ya sudahlah akhirnya dibuatkan Cake Coklat Sederhana irit telur tanpa mikser ini saja yang gak perlu waktu lama membuatnya. Sebenarnya ini resep buat bolu kukus mekar tapi saya agak malas kalau buat bolu kukus harus dituang ke cetakan bolu kukus satu per satu selain jadi tambah lama nanti cuci mencuci perabotannya juga tambah banyak. Kan weekend waktunya emak-emak rehat jadi jangan banyak-banyak kerjaan. Saya maunya yang simpel dan cepat jadi saya pakai loyang ukuran 21 x 21 cm.

Resep Cake Coklat Irit Telur Tanpa Mikser
By. Siti Aisah

Bahan-bahan:
200 ml susu cair
100 gr margarin cair
1 butir telur kocok lepas
200 gram gula pasir
200 gram terigu
50 gram coklat bubuk
1 sdt baking powder
1sdt soda kue
1/2 sdt vanili

Cara membuat:

Untuk mencairkan mentega saya masukkan mentega ke dalam gelas lalu masukkan ke dalam magic com (diatas nasi) yang lagi dihangatkan, bukan nasi yang lagi dimasak ya nanti pecah tuh gelas. 

Sebelumnya kita panaskan dulu panci kukusan. Sambil menunggu kita kocok lepas saja telur dengan susu dan gula sampai gula larut. Lalu masukkan bahan kering yang sudah diayak seperti tepung terigu, coklat bubuk, baking powder, soda kue dan vanili. Aduk dan masukkan secara bertahap sampai rata. Terakhir masukkan mentega cairnya. Aduk rata. Saya mengaduknya gak terlalu lama. Asal rata aja.

Cara lain bisa juga mencairkan mentega dengan cara menghangatkan susu di atas kompor lalu masukkan mentega, jangan sampai mendidih matikan saja apinya dan aduk sampai mentega mencair semua. Jika sudah dingin masukkan telur kocok lepas. Lalu masukkan bahan keringnya. Supaya lebih lembut gula pasirnya bisa diblender terlebih dahulu. Aduk rata.

Lalu masukkan ke dalam loyang uk 21 x 21 yang sudah dialasi kertas roti dan disemir mentega. lalu kukus sampai matang. Kira-kira 20 atau 30 menit, tes tusuk aja kalau adonan tidak menempel berarti sudah matang. Karena saya pakai kertas roti yang agak lebar jadi tinggal diangkat saja kertas rotinya dan Cake Coklat Sederhana ini bisa langsung dipindahkan ke nampan. Tinggal dihias sesuai selera.

Kalau mau dibuat bolu kukus juga bisa caranya panaskan dulu cetakan bolu kukusnya dan masukkan adonan saat air di kukusan sudah mendidih dan banyak uap airnya. Gunakan api besar agar bisa merekah sempurna.

bolu kukus coklat mekar

Comments