Cara mendaftar SMP Negeri online di Jakarta

Cara mendaftar SMP Negeri Online
Buat para orang tua yang putra putrinya baru lulus dari Sekolah Dasar pasti sekarang lagi harap-harap cemas nih apakah si anak bisa masuk ke SMP Negeri atau tidak. Jangan sampai karena terlalu cemas akhirnya malah lupa si anak belum didaftarkan ke smp atau jangan-jangan si mami malah sibuk ngurusin lebaran jadi lupa deh sama jadwal pendaftaran online buat masuk ke SMP Negeri, jangan sampai ya mom... 

 Pengalaman saya waktu mendaftarkan si kaka tahun kemarin masih banyak tuh para orang tua yang kebingungan atau belum paham sama yang namanya PPDB online atau Penerimaan Peserta Didik Baru secara online. Kebetulan saya juga termasuk daftar orang yang masih awam sama PPDB online karena baru pertama kali jadi saya mau bagi pengalaman biar para ortu gak panik dan kebingungan waktu daftar SMP online. 

Setelah kita mengetahui jadwal PPDB tahap pertama langsung aja deh buru-buru daftar ini jalur umum jadi yang dari luar DKI juga bisa daftar. Waktu itu saya daftar jam 12 malam saking deg-degannya takut kesiangan. Yang perlu disiapkan adalah nomor ujian. Jadi kita diharuskan memasukkan nomor ujian si anak nanti akan keluar tuh data siswa yang bersangkutan. Saya juga agak-agak lupa apa aja yang disiapkan kayanya cuma itu aja deh untuk lebih jelasnya nanti bisa dibaca sendiri ya. Kalau datanya sudah benar bukti pendaftaran ini kita print untuk dibawa ke sekolah SMP terdekat untuk verifikasi, ngeprintnya pakai printer dengan tinta yang berwarna ya soalnya ada beberapa ortu yang bawa hasil printnya pakai yang hitam putih tidak boleh terpaksa harus ngulang lagi kan buang waktu banget. Yang perlu dibawa adalah SKHUN sementara dan kartu keluarga siapkan saja yang asli dan fotokopy. 

Buat yang gak punya komputer nitip aja ke tukang warnet terdekat minta didaftarkan jadi pas pagi harinya kita sudah bisa ambil hasil print-outnya. Soalnya kalau nunggu warnet buka bisa kesiangan antre bo.. itu baru di warnet belum lagi antre di sekolahnya nanti. Tahun lalu saya datang ke sekolah jam 8.00 lewat sedikit itu antreannya sudah bejubel sekali. Udah gitu habis antre buat verifikasi kelengkapan SKHUN dan KK kita masih harus antre lagi buat nunggu hasil verifikasi, pada lembar hasil verifikasi nanti ada pin yang kita gunakan untuk daftar online dan memilih 3 sekolah SMP tujuan.Nah nunÄ£gu hasil verifikasi ini yang lama soalnya saya juga gak tahu ada berapa komputer yang digunakan karena ngeprintnya di ruang terpisah dan tertutup. Saya baru dapat hasil jam 12.00 siang. Beruntung saya masih bisa dapat hasil printnya diakhir waktu sebelum jam istirahat soalnya antrean yang setelah saya harus menunggu sampai jam istrihat selesai sekitar jam satu atau setengah dua. 

 Kalau hasil verifikasi sudah ditangan tinggal buka laptop atau komputer atau ke warnet untuk melakukan aktivasi pin dengan memasukkan pin yang tertera disitu nanti pinnya kita ganti tapi harus diingat ya kalau perlu dicatat karena kita perlu membuka account kita dengan pin yang sudah kita buat untuk mencetak bukti lapor diri nanti. Setelah memasukkan pin kita bisa memilih 3 pilihan sekolah yang diinginkan. Dan tinggal dipantau saja apakah putra putri kita diterima atau tidak. Buat sekedar informasi yang diprint nanti untuk lapor diri bukan tanda bukti pengajuan pendaftaran loh tapi tanda bukti lapor diri yang bisa kita peroleh dengan masuk ke account ppdb dengan memasukkan pin yang sudah kita buat saat aktivasi pin. Pengalaman saya tahun lalu banyak banget tuh yang salah ngeprint jadi yang dibawa saat lapor diri adalah bukti pendaftaran padahal seharusnya bukti lapor diri dimana kita harus tanda tangan dilembaran itu. Kalau sudah lapor diri beres deh tinggal menunggu putra-putri kita memasuki hari pertama masuk sekolah di sekolah yang baru. 

Untuk tahun ajaran baru tahun 2016-2017 websitenya adalah www.jakarta.siap-ppdb.com disitu kita bisa melihat jadwal dan persyaratan mendaftar ppdb online. Pendaftaran tahap 1 jalur umum tgl 25-28 juni 2016. Untuk selengkapnya bisa cek sendiri ya... Semoga bisa membantu, maaf nih kalau ada yang salah soalnnya saya juga lupa-lupa ingat kan sudah setahun yang lalu.

Comments