Membuat Pot Tanaman Dari Botol Bekas

pot dari botol bekas

Entah dapat hidayah dari mana aku yang biasanya ngga peduli sama yang berurusan dengan tanam-menanam pohon sekarang jadi punya hobi baru yaitu menanam pohon, padahal biasanya didepan rumah ada tanaman apapun aku cuek bebek aja, paling yang ngurus neneknya si Bila.

Pada awalnya cuma iseng dikasih benih kangkung sama kakak ipar, pas disebar di depan rumah eh baru berapa hari udah muncul semua tuh tunas-tunas kangkung. Ngeliatnya seru juga jadi bikin ketagihan pengen nyebar benih lagi tapi keluarga kecil aku gak terlalu suka makan kangkung, jadi coba browsing mau beli benih bunga atau buah yang warna-warni, dan ketemulah sama benih seribuan di petanirumahan.com Buat pemula kaya aku bagus juga nih murah meriah, aku pesan 20 bungkus benih seribuan campur-campur gitu mau ngetes dulu yang tumbuh yang mana aja, alhamdulillah dua hari setelah pesan benih sudah sampai.

Malam tahun baru 2016 acaraku beda sama yang lain, kalau si kakak dan papanya lagi sibuk bakar-bakar sate ayam, aku justru sibuk ngerendem benih dan menyiapkan media tanam. Buat menyemai benihnya aku pakai gelas plastik yang sudah diisi tanah. Satu gelas aku taruh satu atau dua benih tapi yang terakhir benih kemangi karena gelasnya sudah habis dan benihnya juga terlalu banyak jaadi aku semai agak banyak.

Dua hari setelah itu sudah terlihat tunas-tunas yang bermunculan tapi masih ada juga yang tunasnya belum keluar, masih malu-malu kayanya. Setiap pagi dan sore rutin disiram air pakai spray. Gelas-gelas media semai aku tempatkan diteras aja biar gak rusak terkena hujan tapi masih terkena sedikit sinar matahari.

Untuk tunas-tunas yang sudah tinggi, aku pindahkan ke media tanam dari botol bekas biar bisa digantung ditembok, soalnya aku punya baby 2 tahun yang gak bisa diam, kayanya dia belum puas kalau tanaman mamanya belum dicabut-cabutin. Jadi harus cari tempat aman yang tak terjangkau tangan mungilnya.

Cara membuat pot dari botol bekas ini terinspirasi dari acara talkshow di salah satu station TV, caranya adalah botol bekas air minerah dibelah dua menggunakan cutter atau pisau. Trus bagian tutupnya dilubangi agar nantinya bisa menyerap air dari dasar botol. Nah bagian yang ada tutupnya tinggal diisi tanah dan diisi tanaman yang mau ditanam. Bagian bawah botol yang sudah dipotong tadi kita tempel ke tembok menggunakan paku trus botolnya diisi air, terakhir masukkan botol yang sudah diisi tanaman. Sejauh ini sih tanamanku oke-oke aja meski jarang disiram tapi gak layu.
Lumayan kan hasilnya pot dari botol bekas ini bisa menghiasi tembok pembatas rumahku yang sudah mulai lumutan dimakan zaman. Selain itu bisa jadi peneduh hati disaat galau, dan manfaat lain dari menamam pohon itu bagus untuk penghijaun sehingga dapat sedikit membersihkan udara di jakarta yang sudah sangat tercemar.

Comments