Persiapan dan Tips Menjelang Persalinan

Saya mau berbagi kisah detik-detik menjelang kelahiran Nabila. Disini saya dapat pelajaran kalau kita tidak boleh menggampangkan urusan. Kelahiran anak pertama lancar jaya belum tentu akan sama dengan kelahiran yang berikutnya. Termasuk proses kehamilan biar kita sudah menjaga pola makan sesehat-sehatnya belum tentu lancar jaya juga pas melahirkan nanti itu semua tergantung takdir. Jadi begini ceritanya tiga bulan sebelum hamil saya mulai menghentikan mengkonsumsi jajanan tidak sehat termasuk minuman dalam kemasan yang rasa-rasa itu yang biasa saya beli sewaktu jam makan siang di tempat kerja, saya juga selalu rutin minum susu untuk persiapan kehamilan dua kali sehari biar gak doyan banget susu dipaksa-paksain demi kesehatan calon dede bayi. Setiap pagi saya rajin makan bubur kacang hijau, saya juga rutin minum air kelapa hijau, saya yakin bayi saya akan sehat dan tumbuh sempurna.

Sepanjang kehamilan semuanya berjalan lancar, kenaikan berat badan juga cukup bagus, walau tidak terlalu gemuk banget karena postur saya emang kecil alias kurus. Tapi menurut bidannya semuanya bagus, saya juga sempat dua kali ke klinik dokter kandungan untuk USG, dan hasilnya bagus usia kehamilan 8 bulan kepala bayi sudah berada dibawah. Dokternya bilang saya akan melahirkan di akhir November atau awal Desember 2013.

Pada waktu usia kehamilan sembilan bulan saya merasakan bayi saya aktif sekali kok kaya ngga ada istirahatnya didalam perut kok kaya lagi garuk-garuk perut saya, pokoknya kaya lagi muter-muter  pagi, siang dan malam sama aja, kapan dia tidurnya ya.. Kebetulan pas hamil tua saya memang sedikit lebih aktif jadi rajin gerak, mengepel lantai sambil jongkok, nyapu halaman, pokoknya ga bisa diem soalnya pernah denger kata orang tua kalau sering dibawa kerja nanti melahirkannya jadi lancar. Tapi di dede kok jadi aktif juga di perut ga tidur-tidur, puncaknya di usia kehamilan 37 minggu pas dini hari saya merasakan mulas –mulas tapi saya abaikan saja, paling saya cuma nungging sambil nahan sakit, saya ini kan orangnya pemalu jadi mau ngelahirin aja malu mau nangis atau teriak-teriak paling cuma nyeringis sambil narik nafas panjang. Dari anak pertama emang udah gitu bidannya aja ampe bilang "baru kali ini nanganin orang ngelahirin anteng banget gak ngejerit-jarit".

Pagi harinya sebenernya udak gak kuat juga tapi saya coba buat jalan mondar-mandir di dalam rumah maksud saya sih biar pas melahirkan nanti langsung brojol gitu. Jam delapan pagi saya merasakan air ketuban saya pecah akhirnya saya coba ngecek ke bidan, kata bidan baru pembukaan satu, jadi saya di suruh pulang dulu nunggu  di rumah saja sampai pembukaannya lengkap nanti sore baru kembali lagi kalau sudah mules banget. Alhasil saya pulang trus ngelanjutin mondar-mandir di kamar, tapi... baru satu jam saya udah ngerasa mulas banget  akhirnya balik lagi ke bidan, pas diperiksa bidannya agak kaget gitu kok cepet banget pembukaannya, ini kayanya ada yang aneh, saya mencoba tetap tenang padahal di hati deg-degan juga ada apakah gerangan, lalu ibu bidan bilang saya harus melahirkan di rumah sakit karena bayi saya sungsang.

Saya mulai panik, jujur aja saya gak ada persiapan buat melahirkan dirumah sakit, baju aja saya bawa seadanya karena biasanya melahirkan dibidan cuma sehari sudah boleh pulang. Suami akhirnya bergegas nyari taksi. Perjalanan ke rumah sakit kira-kira gak sampai setengah jam setibanya di rumah sakit Pasar Rebo saya langsung di bawa ke UGD dan ditanya-tanya sama Ibu suster dan Ibu Bidan sementara suami saya disuruh mengurus administrasi. Suster bilang kalau sungsang itu gak bisa melahirkan normal , jadi harus di secar, saya disuruh buat nahan jangan sampai mengejan. Sementara ibu bidan sedang menelfon dokter kandungan dan juga mempersiapkan ruang operasi, saya ditinggal sendirian  padahal yang namanya orang mules di tahan-tahan ya susah juga, sampai akhirnya saya mengejan juga dan spontan saja kaki si dede udah nongol duluan,  saya teriak ke susternya, akhirnya proses persalinan terpaksa dilakukan saat itu juga di UGD dengan pertolongan seorang suster dan seorang bidan namanya Ibu Endang, selang beberapa menit keluarlah si dede bayi. Alhamdulillah lega rasanya dede bayi sudah lahir secara normal, saya diberi kemudahan tidak jadi dioperasi secar.

Tapi masih ada masalah lain bayi saya sudah kehabisan air ketuban sejak di rumah dan diperjalanan, jadi kondisinya agak gawat, agak biru dan tidak langsung menangis, untungnya setelah ditangani oleh bidan rumah sakit ditepuk-tepuk atau digosok-gosok gitu dia menangis juga, bayi juga berat badannya kurang hanya 2 kg, ibu bidan bilang plasenta saya biru dan tidak bagus dia bilang apalah gitu istilahnya saya kurang paham, saya jadi teringat ketika si bayi gak bisa diam waktu di dalam perut mungkin pas dia muter-muter plasentanya ikut terlilit jadi asupan makanan tidak tersalur ke bayi makanya berat badannya kurang padahal saya waktu hamil doyan makan, alhasil bayi saya harus dirawat diincubator sampai dia cukup sehat untuk dibawa pulang, tapi sambil menunggu incubatornya saya diperbolehkan menyusui bayi saya terlebih dulu, walau dia masih kecil banget tapi sudah mulai bisa belajar menyusu langsung dari PD saya, bayi saya Cuma dibungkus plastik, saya juga gak tahu maksudnya mungkin biar hangat, dia juga BAB dan plastiknya kotor semua tapi bidannya bilang gak apa-apa nanti dibersihkannya di ruang perina aja, haduh... kasian ya si dede mudah-mudahan aja pantatnya gak gatal-gatal. Kesempatan bersama dede cuma sebentar aja karena si dede harus dimasukkan ke incubator agar dia merasa hangat.

Keuntungan melahirkan secara normal adalah setelah bayi lahir tidak ada rasa sakit yang berarti, saya bisa langsung berjalan sendiri ke kamar mandi untuk ganti pakaian,  beberapa jam kemudian saya dipindahkan ke kamar perawatan, sementara bayi saya masuk ke ruang perina. Jujur aja gak betah banget berada di kamar dengan terpisah dengan bayi yang baru kita lahirkan, saya sampai bingung mau ngapain, dokter juga gak ada kunjungan paling Cuma suster aja yang datang periksa tensi darah. Akhirnya besok paginya saya minta pulang dan suster bilang saya dibolehkan pulang karena kondisi saya dalam keadaan sehat. 

Perjuangan belum berakhir sampai disini karena selama satu minggu saya harus bolak-balik ke rumah sakit untuk menyusui bayi saya tiga kali sehari di ruang perina. Selama menyusui bayi di ruang perina saya harus mengejar waktu supaya tidak telat, saya pernah telat 10 menit dan susternya bilang”Aduh si ibu baru dateng, bayinya baru aja saya kasih susu!” ngedenger itu rasanya gondok... banget. Makanya saya seharian harus menunggu di rumah sakit biar jadwal selanjutnya gak telat lagi. Jika bayi sudah tidak mau menyusu, kita bisa memerah susu lalu berikan kepada suster, nanti akan ditulis namanya dan tanggal pemerahan. Usahakan stoknya cukup jadi bayi kita tidak diberikan susu formula, karena saya melihat banyak susu formula di lemari dekat ruang tunggu.

Persiapan dan Tips Menjelang Persalinan:
  •  Meski rencana awal kita akan melahirkan di puskesmas atau bidan terdekat, tidak ada salahnya kita juga mempersiapkan kalau nantinya harus dirujuk ke rumah sakit, termasuk dananya, jika ingin lebih murah sebaiknya mendaftarkan BPJS untuk sang ibu dan bayi  walau bayi masih berada dalam kandungan, untuk mengantisipasi jika si bayi harus di rawat di rumah sakit setelah dilahirkan.
  • Jika memang memungkinkan sebaiknya melahirkan secara normal saja, tidak usah mengikuti trend melahirkan secara secar karena resikonya lebih besar dan pemulihan juga lebih lama.
  • Jika karena suatu hal bayi yang dilahirkan harus di rawat di ruang perinatologi seperti bayi kuning atau berat badan kurang, usahakan sejak awal kita sudah mengunjunginya untuk memberikan asi secara ekslusif sesuai jadwal yang ditentukan bisa disusui secara langsung ataupun pakai sendok, kecuali untuk bayi yang gawat banget belum boleh disusui secara langsung,  asi pertama banyak mengandung kolostrum yang bagus sekali untuk daya tahan tubuh si bayi kelak. Yang saya lihat masih banyak ibu yang tidak menyusui bayinya, dari sekian puluh bayi yang ada di ruang perina paling hanya sepuluh ibu saja yang rutin menyusui bayinya secara teratur. Entah karena masih merasakan sakit pasca melahirkan atau karena malas bolak-balik ke rumah sakit. Bahkan ada yang setelah dua minggu bahkan tiga minggu baru datang untuk menyusui bayinya, kebanyakan ibu muda alias abg jawabnya ringan saja”gak apa-apa deh lama-lama di sini sampai sembuh total, di rumah juga gak ada yang urus” padahal bayi justu akan lebih cepat sembuh jika dekat dengan ibunya, dengan menyusuinya secara rutin ada kontak batin yang seakan memberi energi positif, jangan menganggap enteng karena gratisan (waktu itu masih ada jampersal) jadi lama-lama di rumah sakit juga ngga apa-apa. Kita harus berpikir bijak juga jika si bayi lebih cepat keluar dari rumah sakit, bayi-bayi lain yang antri mendapat ruangan di perina bisa terbantu dengan cepat mendapat pertolongan.
  • Ibu yang melahirkan secara sectio secar sebaiknya jangan bermalas-malasan ditempat tidur karena justru akan semakin lama pulihnya, lebih bagus jika banyak gerak, saya sendiri  melahirkan secara normal, saran itu saya dapat dari seorang ibu yang melahirkan secara secar katanya kebanyakan yang melahirkan secara secar setelah efek obat bius hilang justru malah menjadi manja dan rewel maunya dilayani oleh suster atau keluarga yang menemani padahal akan lebih bagus jika melakukan semua sendiri jadi kondisi lebih cepat pulih.
Selamat berjuang ya buat para ibu yang sedang menanti kelahiran bayinya, maaf kalau tulisan ini ada yang salah atau penjelasan yang kurang tepat karena saya hanya ibu rumah tangga biasa bukan dokter atau pakar ahli.

Jika ada yang ingin bertanya lebih lanjut bisa tulis di komentar. Semoga informasi ini bisa bermanfaat.

Comments