Cara Membuat Standing Cupcake (Cupcake Tier)

Waktu ulang tahun dede bulan november kemarin, iseng-iseng saya membuat standing cupcake atau cupcake tier dari kardus bekas, mau beli cupcake tier harganya lumayan mahal trus dipakainya paling cuma sekali aja. Sayang kan mending uangnya buat beli yang lain aja. Ngirit banget ya emak ini, ngirit ama pelit beda tipis hehehe

Kan ngga bakal ada yang tau juga kalau itu dari kardus bekas, malah  ibu-ibu yang datang anter anaknya banyak yang terpesona katanya bagus, kirain itu hiasan aja ternyata kuenya asli bisa di makan. Hahaha mungkin karena saya pakai kertas kado yang full colour jadi dikiranya pajangan doang dan kuenya dummy gitu gak bisa dimakan.

Langkah awal dalam membuat standing cupcake atau cupcake tier saya ambil kardus bekas 3 lembar lalu di cetak berbentuk lingkaran dengan ukuran yang berbeda, aku gak pake ukuran pasti dalam cm, soalnya lingkaran terbesar aku cetak pakai tutup ember ukuran 10 liter, lingkaran kedua yang agak sedang aku cetak pakai tutup panci, nah kalau yang paling kecil aku cetak pakai piring.

Berhubung kardus itu agak tipis aku pengennya yang agak tebal gitu, kebetulan ada sterofoam bekas si kakak kerja kelompok kemarin, akhirnya kardus yang sudah jadi lingkaran aku lapis lagi dengan sterofoam, sterofoamnya dicetak seukuran kardus tadi,  baru terakhir dibungkus dengan kertas kado. Kertas kadonya juga sisa bikin tas buat goodie bag, kemarin itu beli 50 pcs harganya Rp.25.000 , trus masih ada sisa ya dimanfaatkan saja buat bikin prakarya standing cupcake ini. Gak modal banget ya...semuanya barang sisa. Santai aja lah buat sendiri ini hihihi

Untuk menutupi bagian pinggirnya, kalau-kalau ada bagian yang belum dilem dengan rapat dan sempurna aku tutupi dengan pita jepang, yang ini sebenarnya aku beli buat dekorasi tapi meski sudah dipakai buat menutupi sisi-sisi kardus sisanya masih banyak loh, masih cukup buat dekorasi ultah si dede. Pita jepang ini harganya 1 roll Rp.6.000. Menempelnya bisa dengan double tape atau lem tembak.

Standing CupcakeNah buat tiang penyangga standing cupcakenya tadinya mau pakai kemasan ikan kalengan, tapi pakai yang ada aja lah udah mepet soalnya, toh buat dipakai sendiri bukan buat pameran dimall, jadi aku pakai mug sablon. Dan hasil jadinya lumayan juga walau gak bagus-bagus amat, kalau mau lebih rapi kardus bisa diganti dengan triplek  tatakan kue tart dengan ukuran berbeda jadi pinggirannya lebih rata dan cantik dan tiang penyangga pakai kemasan ikan kalengan ukuran besar, atau kaleng softdrink bisa juga, nempelnya setelah dibungkus dengan kertas kado gunakan lem tembak untuk menyatukan bagian yang satu dan yang lain.

Maaf ya foto standing cupcakenya kurang bagus, soalnya kartu memory aku rusak, jadi cuma beberapa file foto yang terselamatkan. Selamat mencoba membuat standing cupcake atau cupcake tier buatan sendiri ya....!  

Comments